MENGGUNTING: STIMULUS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI SENTRA SENI
Keywords:
Menggunting, motorik halus, seniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun. Peneliti memfokuskan penelitian ini pada perkembangan motorik halus dalam kegiatan menggunting pada sentra seni.Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui prosentase profil perkembangan motorik halus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rubrik penilaian pencapaian perkembangan motorik halus. Subjek penelitian terdiri dari anak kelompok B (usia 5 – 6 tahun) di RA Al-Jihad Malang. Hasil penelitian menunjukkan 6,1% anak masih dalam kategori belum berkembang, 12,1% anak dalam kategori mulai berkembang, 15,1% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan, serta 66,7% anak pada kategori berkembang sangat bagus. Setiap kategori memiliki kriteria penilaian. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak, diantaranya: dukungan lingkungan sekitar, kesiapan fisik dan mental anak, serta inovasi pembelajaran atau kegiatan main untuk menstimulus perkembangan motorik halus anak.
Downloads
References
Dehghan, L., Mirzakhani, N., Rezaee, M., & Tabatabaee, M. (2017). The relationship between fine motor skills and social development and maturation. Iranian Rehabilitation Journal, 15(4), 407–414. https://doi.org/10.29252/nrip.irj.15.4.407
Hurlock Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.
Ismail, Andang. (2006). Education games.Yogyakarta: PT Pilar Media.
Sahdiyah, Halimatus. 2013. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Karangbendo Banguntapan Bantul. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jurusan Pendidikan Pra sekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan AUD. Jakarta: Depdiknas.