ANALISIS DATA AHLI MATERI PADA MEDIA BUSY BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF DI KB KARTINI SEDAYULAWAS KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Kamila Kamila KB Kartini Sedayulawas
  • Risma Nugrahani

Keywords:

media busy book; mengenal huruf

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media busy book sebagai media pembelajaran mengenal huruf di KB Kartini Sedayulawas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model  R&D (Research and Development) yang memiliki 10 tahapan dalam proses penelitiannya. Namun, karena terbatasnya waktu yang dimiliki dan adanya wabah Covid-19 maka peneliti hanya menggunakan tahap pertama hingga kelima. Subjek penelitian adalah para validator terdiridari ahli materi 2 orang, serta objek penelitian adalah media busy  book. Untuk menentukan kelayakan media busy book yang dikembangakan data yang dihasilkan diolah dengan pedoman kriteria yang telah ditentukan. Setelah dilakukan validasi produk diperoleh 61,7% dengan kategori “layak” dari ahli materi. Sehingga dari hasil tersebut diperoleh hasil bahwa media busy book layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengenalkan huruf di KB Kartini Sedayulawas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] L. Nurlaela, “Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.” UIN Raden Intan Lampung, 2019.
[2] R. Y. Krisanti, S. Suprihatien, and D. Y. Suryarini, “Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 02, pp. 24–35, 2020.
[3] R. Nugrahani and C. D. R. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PELUANG USAHA BAGI GURU PAUD DI DESA KRADENAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 210–216, 2019.
[4] C. D. Rosalina and R. Nugrahani, “Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 5, no. 1, pp. 54–63, 2019.
[5] Y. O. Susanti, “Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui bermain peran mikro,” J. Ilm. Potensia, vol. 2, no. 1, pp. 63–70, 2017.
[6] I. A. S. Ekayati and H. Henita, “UJI VALIDITAS MEDIA BUSY BOOK KAIN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 180–182, 2021.
[7] I. A. S. Ekayati and D. L. Rosiqoh, “PENERAPAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 162–165, 2021.
[8] D. I. Rahmawati and R. Rukiyati, “Developing Pop-Up Book Learning Media to Improve Cognitive Ability of Children Aged 4-5 Years,” in 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018), 2018.
[9] A. A. Ulfah and E. Rahmah, “Pembuatan dan pemanfaatan busy book dalam mempercepat kemampuan membaca untuk anak usia dini di paud budi luhur padang,” Ilmu Inf. Perpust. dan Kearsipan, vol. 6, no. 1, pp. 28–37, 2017.
[10] N. Yuliasari, S. Sumarni, and R. Rukiyah, “PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUSY BOARD UNTUK MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK.” Sriwijaya University, 2020.
[11] R. Rakimahwati, “Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman,” Early Child. J. Pendidik., vol. 2, no. 2b, pp. 1–11, 2018.
[12] M. Sugiyono, “penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D),” Bandung Penerbit Alf., 2015.

Additional Files

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles