PENGEMBANGAN MEDIA APRON HITUNG UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A

Authors

  • Maria Ulfah TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggur
  • Siti Marli'ah

Keywords:

Media apron hitung , konsep bilangan

Abstract

Masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu kurangnya media pembelajaran yang mendukung proses belajar sesuai dengan karakteristik anak dalam perkembangan kognitif  khususnya mengenal konsep bilangan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang akan menghasilkan produk  apron hitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengembangkan media apron hitung sebagai alternatif media pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakkan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan 5 dari 11 tahapan yang ada yaitu 1) Potensi masalah 2) Pengumpulan informasi 3) Desain Produk4) Validasi desain 5) Desain teruji. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan angket tertutup yang di ajukan kepada validator selaku para ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Tidak adanya uji lapangan kepada peserta didik dikarenakan pandemic COVID-19 yang mengakibatkan tidak adanya kegiatan belajar mengajar dilembaga pendidikan. Berdasarkan validasi media mendapat hasil dengan rata-rata 4,4 atau  prosentase  87%  kriteria “sangat layak” sedangkan dari validasi materi mendapat hasil rata-rata 4,3 dengan nilai presentase 86.4% kriteria “sangat layak” sehingga  dapat di simpulkan bahwa media apron hitung layak untuk digunakan dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dini Undiksha, vol. 2, no. 1, 2014.
[10] A. D. Prasetyo, “Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA pokok bahasan bumi dan alam semesta kelas VI SD Negeri Ngringin Depok Sleman,” E-Jurnal Skripsi Progr. Stud. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 7, pp. 684–697, 2017.
[11] S. Madigan, D. Browne, N. Racine, C. Mori, and S. Tough, “Association between screen time and children’s performance on a developmental screening test,” JAMA Pediatr., vol. 173, no. 3, pp. 244–250, 2019.
[12] A. S. Arifin, P. Iswahyudi, and S. Supriadi, “PROTOTYPE SMART PARKING STAND MENGGUNAKAN KONSEP INTERNET OF THINGS BERBASIS MIKROKONTROLER DI APRON BANDAR UDARA,” in Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2019, vol. 3, no. 1.
[13] M. Sugiyono, “penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D),” Bandung Penerbit Alf., 2015.
[14] P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan),” Metod. Penelit. Pendidik., 2019.

Additional Files

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles