PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE STICK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Ifa Aristia sandra universitas PGRI Ronggolawe
  • afifi nur Rohmatin TK Aisyiyah palang
  • Anindya Purnama
Keywords: Media PUZZLE STICK, mengenal angka

Abstract

Pengembangan Media Puzzle Stick dipilih oleh peneliti karena kurangnya media dalam mengenalkan angka pada anak. Penyebabnya  anak tidak tertarik pada pembelajaran dan pembelajaran kurang menantang bagi anak. Pengenalan lambang bilangan angka 1-10 pada anak dapat dilakukan melalui media yang menarik perhatian anak. Pemilihan media yang tepat dapat mempengaruhi pemahaman anak terhadap apa yang dipelajari. Objek pada penelitian ini adalah media Puzzle Stick. Untuk menentukan kelayakan media puzzle stick yang dikembangkan data yang dihasilkan analisis dengan menggukan kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari validasi produk yang dilakukan oleh ahli media didapatkan presentase sebesar 72,3%. Serta penilaian dari ahli materi didapatkan persentase sebesar 79,8% . Sehingga media puzzle stick Layak digunakan sebagai media pembelajaran mengenal angka.

 

References

Ekayati, I. A. S., Agustina, D. T., & Purnama, A. (2021). UJI KELAYAKAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI ERA PANDEMI COVID 19. Prosiding SNasPPM, 5(2), 154–158.
Ekayati, I. A. S., & Efendi, D. I. (2021). Students Perception of the Management of the Teaching Interenship Program During the Covid-19 Pandemic. Proceeding of International Conference in Education, Science and Technology, 110–115.
Ekayati, I. A. S., & Henita, H. (2021). UJI VALIDITAS MEDIA BUSY BOOK KAIN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 180–182.
Ekayati, I. A. S., imam Efendi, D., & Sumadi, S. (2020). PENGEMBANGAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PAUD. Prosiding SNasPPM, 5(1), 79–83.
Kholifah, K., Fiza, D., & Ekayati, I. A. S. (2021). UJI VALIDITAS MEDIA ROKET PINTAR UNTUK MENGENALKAN ANGKA 1–10 PADA ANAK USIA 4–5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 149–153.
Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10.
Permata, R. D., Wirawan, N. H., Syahrial, M. F., & Andriani, R. (2021). PEMANFAATAN LIMBAH BEKAS RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA TANAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS WARGA DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding SNasPPM, 6(1), 253–257.
Rohman, U., Cholid, A., Septiria, R., & Hakim, A. L. (2021). Influence of Athletic Training With Pair Jump Rope Training Model and Ladder Drill to Increase Ability Kids Athletic Elementary School Students. 1st International Conference on Sport Sciences, Health and Tourism (ICSSHT 2019), 286–290.
Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bagian III. Bandung: Alfabeta. Cv.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.
Published
2021-12-31