UPAYA MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERMATA BUNDA KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN

  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dewi Fatimah TK Permata Bunda Tuban
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: Keterampilan berbahasa, Gambar seri, Media

Abstract

Bahasa merupakan salah satu dari aspek perkembangan yang terdapat pada tiap-tiap individu yang perkembangannya harus di stimulasi dengan optimal. Pendidikan anak tidak bisa dilepaskan dari peran Bahasa. Kemampuan anak dalam menerima ataupun menyampaikan informasi tergantung dari seberapa berkembangnya kemampuan berbahasa anak. Pada prakteknya di lapangan, banyak kemampuan berbahasa anak di TK Permata Bunda masih belum berkembang dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK dengan melalui 2 siklus. Dari pelaksnaan penelitian ini  didapatkan hasil yang memuaskan anatar siklus I dan siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan. Dari siklus I didapatkan hasil nilai rata-rata kelas 60%, meningkat menjadi 77% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan kemampuan berbahasa anak.

References

[1] A. S. Ifadah, R. D. Permata, and N. Makhmudiyah, “MEDIA AUDIO DAN PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI,” JIEEC (Journal Islam. Educ. Early Childhood), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
[2] A. Saribu and A. N. Hidayah, “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita,” J. Ris. Golden Age PAUD UHO, vol. 2, no. 1, pp. 6–14, 2019.
[3] E. Hemah, T. Sayekti, and C. Atikah, “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Penelit. Dan Pengemb. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 1–14, 2018.
[4] F. H. Setyawan, “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 92–98, 2016.
[5] W. B. Sulfemi and H. Minati, “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri,” JPsd (Jurnal Pendidik. Sekol. Dasar), vol. 4, no. 2, pp. 228–242, 2018.
[6] N. A. Putra, “Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali,” J. Kreat. Online, vol. 2, no. 4, 2011.
Published
2021-12-31