PENERAPAN MEDIA TANAMAN HERBAL TERHDAPA KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGENAL BAU PADA ANAK KB SEMI MULYA
Keywords:
Media Tanaman Herbal, Keterampilan Proses Sains Mengenal BauAbstract
Penelitian. ini .dilatar .belakangi .hasil .pengamatan .peneliti, .bahwa .keterampilan .proses .sains .pada .anak .kelompok .B .KB .Semi .Mulya .masih .rendah.. .Dikarenakan .media .pembelajaran .yang .digunakan .belum .tepat.. .Untuk .menyelesaikan .masalah .tersebut .peneliti .akan .menggunakan .media .tanaman .herbal .untuk .meningkatkan .keterampilan .proses .sains .khususnya .mengenal .bau. .Rumusan .masalah .dalam .penelitian .ini .adalah .apakah .dengan .menggunakan .media .tanaman .herbal .dapat .meningkatkan .keterampilan .proses .sains .dalam .mengenal .bau .pada .anak .didik .kelompok .B .di .KB .Semi .Mulya .pada .tahun .pelajaran .2019/2020. Adapun .tujuan .dalam .penelitian .ini .adalah Mengetahui .bagaimana .peningkatan .penerapan .penggunaan .media .tanaman .herbal .terhadap .keterampilan .proses .sains .mengenal .bau .pada .anak .Kelompok .B .di .KB .Semi .Mulya .tahun .pelajaran .2019./ .2020.. .Jenis . .Penelitian .ini .adalah .Penelitian .Tindakan .Kelas . (.Classroom .Action .Research.) .dengan .dua .siklus., .setiap .siklusnya .terdiri .dari .empat .tahap .yaitu .perencanaan., .tindakan., .pengamatan., .dan .refleksi.. .Subjek .penelitian .adalah .anak .didik .kelompok .B .KB .Semi .Mulya .yang .berjumlah .18 .anak.. .Data .dikelompokkan .melalui .teknik .observasi .dan .dokumentasi.. .Analisa .data .menggunakan .teknik .deskriptif .kualitatif .dengan .mencari .presentasi .ketuntasan .siswa .65.% .dan .ketuntasan .kelas .85.%. .Hasil .penelitian .data .prasiklus .prosentase .ketuntasan .kelas .33.% .atau .6 .anak., .pada .siklus .I .prosentase .ketuntasan .kelas .67.% .atau .12 .anak., .dan .pada siklus II prosentase ketuntasan kelas 87,5% atau 16 anak yang artinya kelas dinyatakan tuntas dalam memenuhi indikator yang diinginkan peneliti. Kesimpulannya, ada peningkatan keterampilan proses sains mengenal bau dengan diterapkan melalui media tanaman herbal pada anak kelompok B KB Semi Mulya Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020
Downloads
References
Arikunto, S. (2008). dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Djuanda, D. (2006). Pembelajaran bahasa indonesia yang komunikatif dan menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Efendi, D. I., & Ekayati, I. A. S. (2021). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GIZI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI THREE TIER DIAGNOSTIC TEST. GCEJ (Golden Childhood Education Journal), 2(1), 1–7.
Ekayati, I. A. S., & Henita, H. (2021). UJI VALIDITAS MEDIA BUSY BOOK KAIN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 180–182.
Ekayati, I. A. S., & Rosiqoh, D. L. (2021). PENERAPAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10. Prosiding SNasPPM, 5(2), 162–165.
EKAYATI, I. F. A. A. S., & FITRIANI, D. (n.d.). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS DALAM ANALISIS BERAGAM RASA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM.
Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37.
Utama, P. (2013). Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Azwar, S. 2006. Reliabilitas d. International Journal, 1(1), 49–57.