IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DITINJAU DARI ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA

Authors

  • Endah Nugrahaningtyas Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Kholifah Kholifah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.396

Keywords:

Bimbingan konseling anak usia dini, Sumber daya manusia

Abstract

Urgensi bimbingan konseling pada dunia pendidikan disetiap tingkatan harus selalu disadari perannya dalam menunjang pencapaian tujuan pendidikan, demikian juga pada pendidikan anak usia dini. Untuk mencapai perkembangan yang optimal sesuai dengan kapasitas dan usia perkembangan anak usia dini diharapkan berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Kehidupan diera teknologi sekarang ini permasalahan semakin komplek tidak terkecuali pada anak usia dini yang menjadi korban efek tersebut. Bimbingan konseling dalam usahanya adalah membantu menhindarkan terjadinya hambatan dan membantu menyelesaikan hambatan yang terjadi. Pendidik PAUD dalam kegiatan pembelajaran di lembaganya sudah melaksanakan ide-die bimbingan konseling, hanya saja belum terorganisir secara sistematis sesuai dengan ide atau tata kerja dunia bimbingan konseling. Realitanya pelaksanaan bimbingan konseling anak usia dini sampai saat ini masih belum dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ialah untuk menggugah kesadaran para kepala lembaga PAUD dan para pendidiknya tentang pentingnya untuk melaksanakan bimbingan konseling pada anak usia dini. dan membekali sumder daya manusia yang mampu untuk melaksanakan bimbingan konseling pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. ABKIN. 2008. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Publikasi Jurusan PPB-FIP-UPI
2. Budi, Djoko Santoso. 2010. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang
3. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Taman Kanak-kanak. Jakarta.
4. ……… 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka
5. Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Acuan Menu Pembelajaran Pada Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak usia Dini.
6. …….. 2014. Permendikbud RI No: 111 2014.Tentang Bimbingan Konseling: Jakarta
7. Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
8. El Fiah, Rifda. 2017, Bimbingan Dan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali PERS, PT RajaGrafindo Persada.
9. Kartadinata, 2010, Menguak Tabir Bimbingan Dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press.
10. Hurlock, Elizabeth, B. 1998. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
11. Marliany, Rosleny. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
12. Mustofa, Djoko Soelistijo. 2010. Profesi Keguruan I. Tuban: PGSD,FKIP, UNIROW.
14. Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
15. ……... 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group,
16. Surya, Muhammad. 2012. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi (dari Guru untuk Guru). Bandung: ALFABETA
17. Suyadi. 2009. Buku Pegangan Bimbingan Konseling untuk PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI). Yogyakarta: DIVA Press
16. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.

Downloads

Published

2022-05-28