PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA SMART APRON

Authors

  • Maria Ulfa TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sedayulawas
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dwi Imam Efendi
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.397

Keywords:

Kemampuan kognitif, Anak usia dini, Media Smart Apron

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak, khususnya mengenai kemampuan mengenal bentuk geometri. Hal ini diduga disebabkan karena dalam proses pembelajaran, guru kurang menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Sehingga menyebabkan anak tidak memperhatikan perhatian guru ketika menjelaskan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam hal mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media smart apron. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak didik TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sedayulawas dengan kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 12 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulam data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui media smart apron dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam hal mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Elan, E., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 66–75.
Fadlillah, M. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1).
Jaya, A. F., & Ulfa, M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA SMART APRON UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A. GCEJ (Golden Childhood Education Journal), 2(1), 8–13.
Koesmadi, D. P. (2018a). Pengaruh Constructive Play terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri dan Klasifikasi pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 133–148.
Koesmadi, D. P. (2018b). Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Modern, 3(3), 9–16.
Montolalu, B. E. F. (n.d.). dkk. 2005. Bermain Dan Permainan Anak.
Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10.

Downloads

Published

2022-05-28