KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MARBLE LITERASI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4 -5 TAHUN

Authors

  • Lilik Denis Wijayanti TK Adhyaksa IV B
  • Siti Marli'ah Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.399

Keywords:

Kemampuan Membaca Permulaan, Marble Literasi, Anak Usia 4-5 Tahun

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi kurangnya variasi pada media pembelajaran bahasa sehingga pengembangan kemampuan bahasa pada anak terutama pada kemampuan dan minat membaca menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil penilaian kelayakan media Marble Literasi untuk menstimulasi kemampuan membaca awal pada anak. Prosedur dan langkah penelitian yang digunakan terdiri dari 5 tahapan. Tahapan tersebut diantaranya yaitu (1) Masalah potensial (2) Akuisisi data (3) Desain produk (4) Verifikasi Desain (5) Revisi Produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di lakukan pada penelitian ini adalah menyajikan data kualitatif dan kuantitatif dari hasil angket yang telah diisi oleh validator ahli materi dan media. Hasil angket yang diisi didapatkan hasil prosentase kelayakan sebesar 74,96% atau pada kategori “layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media “Marble Literasi” layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak usia 4 – 5 Tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2012). Model penelitian dan pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Carol, S dan Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan anak usia dini. (ahli bahasa: Pius Nasar). Jakarta: Indeks.



Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. JURNAL PIONIR, 5(4).
Lestari Yeni, Ni Gusti Ayu Made. 2019. “Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini.”Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 1–9.
Pertiwi, A. D. (2016). Study deskriptif proses membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Santrock, J. W (2011). Psikologi Pendidikan Edisi 3, Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Solehuddin, M. (2001). Pembaharuan Pendidikan di TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Suyanto, S. (2005). Pembelajaran untuk anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2022-05-28