STORYTELLING TENTANG PROSOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK
DOI:
https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.406Keywords:
storytelling, perilaku prososialAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh storytelling tentang prososial terhadap perilaku prososial siswa RA umur 5-6 tahun. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh storytelling tentang prososial terhadap perilaku prososial anak RA. Populasi penelitian ini adalah murid RA Khoirun Nissa’Tegalrejo Bareng. Sampel ditetapkan sebanyak 22 anak kelas B dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah storytelling sedangkan variabel tergantungnya adalah perilaku prososial anak RA yang diungkap dengan rating scale perilaku prososial. Analisis data menggunakan Mann Whitney U Test. Perhitungan analisis statistik menggunakan SPSS. Hasil analisis diperoleh t= 38.000 dengan signifikan 0.139(>0.05) yang berarti tidak ada pengaruh storytelling terhadap perilaku prososial anak.Hal ini menunjukkan hipotesis ditolak.
Downloads
References
Ayuni,R.D.,Siswati.,&Rusmawati,D.,(2013). Pengaruh Storytelling Terhadap Perilaku Empati Anak. Jurnal Psikologi Undip,12(2), 81- 128. Diakses melalui Https://ejournal.undip.ac.id.
Baron, Robert A & Donn Byrne.(2005). Psikologi Sosial. Edisi 10. Jilid:2. Terj: Djuwita. Jakarta: Erlangga.
Dayakisni. T & Hudaniah, (2009) Psikologi Sosial. UmmPRESS.
Firyati.Y.I.,(2017). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Amal Ratulangi.
Hadi, S., (2015) Metodologi Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Haryati.T.D.,(2013). Kematangan Emosi, Religiusitas dan Perilaku Prososial Perawat di Rumah Sakit. Persona Jurnal Psikologi Indonesia.Vol2(2).Hal 162-172.
Juliwati & Suharnan.,(2014), Religiusitas, Empati dan Perilaku Prososial Jemaat GKT Hosana Bumi Permai.Jurnal Psikologi, Vol 2(2), 130-140.
Kusumastuti. D. N.,(2010).Pengaruh Kegiatan Storytelling Terhadap Pertumbuhan Minat Baca di TK Bangun Getas Kec.Pabelan Kab. Semarang.
Khumaero : (2014), Peningkatan Perilaku Menolong Orang Lain Melalui Metode Operant Conditioning Pada Santri Pondok Pesantren Al-Munawwir Di Bantul.
Limarga.D.M.,(2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini.Jurnal Tunas Siliwangi. Vol 3(1).hal 86-104.
Mulyasa, E. (2017). Strategi pembelajaran PAUD Bandung : Remaja Rosdakarya.
Niswah.S.,(2013). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Pengembangan Minat Baca dan Bahasa Anak Kelompok B di TK Tunas Bangsa Pati Tahun Ajaran 2012/2013.
Oktari.R, Fadillah & Halidah.,(2012). Penerapan Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 14.
Poerwanto, A. Khosinah, F. Pengaruh terapi storytelling terhadap tingkat kecemasan dan problem focused coping mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal. Unipasby. Ac.id Di unduh pada 20 April 201
Putra,I.D.G.U.,Rustika,I.M.,(2015). Hubungan Antara Perilaku Menolong Dengan Konsep Diri Pada Remaja Akhir Yang Menjadi Anggota Tim Bantuan Medis Janar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana,2(2),198-205.
Sabiq.Z & Djalali.M.A,(2012). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan. Jurnal Psikologi Indonesia,Vol 1(2)hal 53-65.
Sarwono, Sarlito.W & Meinarno, Eko.A.,(2011). Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.
Silangit.E.V.& Haryanto FR.,(2014). Penggunaan Storytelling Untuk Meningkatkan Kesiapan Berubah Pada Karyawan.Jurnal Intervensi Psikologi. Vol6(2)
Tanaya.K.K & Farid.M,(2013). Pengaruh Cerita Moral Terhadap Perilaku Prososial Anak. Persona Jurnal Psikologi Indonesia.Vol2(1)hal 84-89.
Waas,K.R.,(2015), Perbedaan Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas VI SD di Sekolah Berbasis Agama Dengan Siswa Kelas VI SDdi Sekolah Tidak Berbasis Agama ( Umum )di Salatiga .Jurnal.