MUSIK RELAKSASI SUARA ALAM TERHADAP PENURUNAN PERILAKU AGRESIF ANAK

Authors

  • Wardatul Mufidah Universitas Darul Ulum Jombang
  • Maya Rahmawati Universitas Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.407

Keywords:

musik relaksasi, perilaku agresif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara musik relaksasi suara alam dengan perilaku agresif anak usia dini. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh mendengarkan musik relaksasi dengan perilaku agresif anak usia dini. Sample dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik RA Muslimat Tampingmojo umur 4- 6 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk memperoleh data agresivitas dalam penelitian ini, metode pengambilan data metode observasi dengan Rating Scale Agresivitas anak TK dengan dua orang Rater Uji Hipotesis yang digunakan adalah t- test one sample statistics. Berdasarkan hasil analisis t-test one scale Statistic didapatkan bahwa Indeks t = 8,487 dengan p = 0,000 (p < 0,01), Mean A1 > Mean A2. Hal ini menunjukkan ada perbedaan perilaku agresif yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah diperdengarkan Musik Relaksasi Suara Alam, dimana Perilaku Agresif sesudah diperdengarkan musik relaksasi Suara Alam lebih rendah (turun) dibanding sebelumnya. Jadi Hipotesis yang diajukan diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani Farah (2014). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 8 Edisi 2 Hal: 271.
Cholifah, Noor, dkk. (2019). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Suara Alam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Pelang Mayong Jepara Tahun 2016. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol. 10 No.1 Hal. 236-242.
Chotim Muh. dkk. (2012). Mengurangi Tingkat Agresivitas Anak Usia TK Melalui Terapi Bermain (Play Therapy). Yogyakarta.
Campbell, D. 2003. Efek Mozart, Memanfaatkan Kekuatan Musik untuk Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kreativitas dan Menyehatkan Tubuh (Edisi Terjemahan oleh Hermaja, T.), Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Djohan. 2006. Terapi Musik. Yogyakarta: Galangpress (Anggota IKAPI)
Ernawati & Masluchah (2017). Kecenderungan Judi Dan Agresifitas. Jurnal Psikologi. Vol. 1 No. 1 Hal: 50.
Guswani, Aprius Maduwita dan Kawuryan, Fajar. (2011). Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Kematangan Emosi. Volume I, No 2, Juni 201.
Hizmawati. D MZ. (2013). Faktor Penyebab Agresivitas Anak Usia 5- 6 Tahun Di TK Mekar Sari Jungkat Kalimantan Barat. Artikel Penelitian.
Hudaniah, Tri Dayakisni (2015). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press
Larasati, Dina Mutiah. (2017). Pengaruh Terapi Musik Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding Pada Atlet Futsal Putri Tim Muara ENIM UNYTED. Skripsi.
Mudjilah, Hanna Sri. (2010). Diktat Teori Musik 1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Seni Musik.
Nasrudin M. Agus. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Agresivitas Skripsi (tidak diterbitkan). Jombang: Fakultas Psikologi Universitas Darul ‘Ulum Jombang.
Pangarsa, Nara Jati (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 8 Smp Negeri 4 Ngaglik (Studi Kasus Tentang Faktor Penyebab dan Dampak Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik). Skripsi.
Savitri, Agustin Eka. (2017). Efektivitas Penggunaan Musik Instrumen Terhadap Peningkatan Konsentrasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Harmonik Dan Sifat Mekanik Bahan Kelas X Tgb Smk N 1 Sulawesi Selatan. Skripsi.
Siddiqah, Laela. ( 2018). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikologi Vol. 37 No. 01 Hal. 50-64.
Solehati, Tetti & Kosasih, Cecep Eli (2015). Konsep Dan Aplikasi Relaksasi Dalam Keperawatan Maternitas. Bandung: PT. Refika Aditama.
Utomo, Ayad Wahyu dan Agus Santoso. ( 2013). Studi Pengembangan Terapi Musik Islami Sebagai Relaksasi Untuk Lansia. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 03, No. 01 Hal. 62-75.
Wigati, Denok. ( 2011). Diktat Psikodiagnostik VII. Jombang: Fakultas Psikologi Undar.
Wijayanti, Kurnia, Dkk. (2016). Musik Suara Alam Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Kritis. Jurnal NURSCOPE Jurnal Keperawatan dan Pemikiran Ilmiah ,2 (3), Hal. 1-10.

Downloads

Published

2022-05-28