PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELOMPOK A DI TK KARUNIA WORO KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG

Authors

  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Winarsih Winarsih Tk Karunia Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kognitif, media, kartu angka

Abstract

Kognitif adalah semua aktifitas mental yang membuat seseorang mampu menghubungkan , menilai, dan mempertimbangkan suatu kegiatan , sehingga seseorang akan dapat pengalaman sesudahnya. Kognitif mempunyai hubugan erat dengan tingat kecerdasan individu . Contohnya : kognitif bisa di perlihatkan ketka seorang individu belajar , dan menemukan penyebab suatu masalah . Teori kognitif mementingkan proses bukan hasil belajarnya . Seseorang akan lebih terlihat kemampuannnya ketika anak melakukan suatu kegiatan dan dengan kegiatan tersebut anak akan menggunakan otaknya untuk berifikir lebih mendalam lagi. Berdasarkan hal tesebut , peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media kartu angka. Hasil analisis menunjukan adannya peningkatan pada siklus 1 sebesar 63,4 % dan megalami peningkatan pada siklus 11 yaitu sebesar 93,3 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.

I. F. A. A. S. Ekayati and d. Fitriani, “Meningkatkan Keterampilan Sains Dalam Analisis Beragam Rasa Melalui Media Bahan Alam.”

I. A. S. Ekayati, D. imam Efendi, and S. Sumadi, “Pengembangan Three Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Paud,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 1, pp. 79–83, 2020.

A. M. ROBERTS et al., “7 Creativity and Cognition, Divergent Thinking, and Intelligence,” Creat. An Introd., p. 102, 2021.

C. Lin, B. Li, and Y. J. Wu, “Existing knowledge assets and disruptive innovation: The role of knowledge embeddedness and specificity,” Sustainability, vol. 10, no. 2, p. 342, 2018.

A. Husnah, “Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Kolase Pada Anak Kelompok B Di Tk Islam Terpadu Insan Madani Tahun Ajaran 2017/2018.” Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, 2018.

I. A. S. Ekayati and D. L. Rosiqoh, “Penerapan Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 162–165, 2021.

K. Kholifah, D. Fiza, and I. A. S. Ekayati, “Uji Validitas Media Roket Pintar Untuk Mengenalkan Angka 1–10 Pada Anak Usia 4–5 Tahun,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 149–153, 2021.

I. A. S. Ekayati and N. L. Rokhmah, “Pengembangan Media Baju Aritmatika Terhadap Kemampuan Aritmatika Pada Anak Usia Dini,” GCEJ (Golden Child. Educ. Journal), vol. 2, no. 1, pp. 14–19, 2021.

M. N. O. Sadiku and S. M. Musa, “Musical Intelligence,” in A Primer on Multiple Intelligences, Springer, 2021, pp. 237–247.

A. S. Sadiman, “Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya,” 2009.

A. Azhar, “Media Pembelajaran (Depok: PT Rajagrafindo Persada),” 2014.

Additional Files

Published

2022-10-31