PENGEMBANGAN MEDIA MAGICTUBE DALAM UPAYA MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Authors

  • Nurhayati TK Aisyiyah Bustanul Athfal Leranwetan
  • Allan Firman Jaya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

anak usia dini, media, magictube

Abstract

Pengembangan media Magictube dimaksudkan untuk dapat menstimulasi kemampuan mengenalkan angka anak usia 3–4 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan langkah-langkah pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada tahap (R & D) dengan model Borg dan Gall sebagai berikut : 1. pencarian dan pengumpulan data, 2. Perencanaan, 3. mengembangkan bentuk produk awal, 4. uji coba lapangan awal, 5. revisi hasil uji coba lapangan awal, 6. uji coba lapangan utama, 7. revisi produk operasional, 8. uji coba lapangan operasional, 9. penyempurnaan produk akhir, 10. diseminasi dan implementasi. Karena sesuatu hal yang tidak memungkinkan dalam pelaksanaan penelitian ini, maka penelitian pengembangan ini hanya sampai pada validasi ahli saja. Instrumen yang dipakai guna pengumpulan data pada penelitian ini ialah Uji kelayakan untuk ahli materi dan juga ahli media. Uji kelayakkan ini berupa Angket. Angket, penilaian ini dipergunakan guna menunjukan adanya tingkat kevalidan ataupun kelayakan suatu instrumen. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini ialah data kualitatif dan data kuantitatif.  Data kualitatif memperoleh penilaian yang berupa saran dari para ahli materi dan ahli media. Data uji validasi kuantitatif yaitu skor yang didapat dari kuesioner yang di isi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari validasi produk yang dilakukan oleh ahli media adalah 75 % dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak” Serta dari ahli materi yaitu 80% dengan kriteria kelayakan “Valid” sehingga media Magictube “Layak” untuk di gunakan dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 3 – 4 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Nurlaela, “Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.” UIN Raden Intan Lampung, 2019.

L. A. M. Pillay, C. K. S. Singh, R. N. S. R. Harun, and T. S. M. Singh, “The Implementation of Higher Order Thinking Skills for Teaching and Learning,” J. Soc. Sci. Res., pp. 668–675, 2018.

Estianinur, Parno, E. Latifah, and M. Ali, “Exploration of students’ conceptual understanding in static fluid through experiential learning integrated STEM with formative assessment,” in AIP Conference Proceedings, 2021, vol. 2330, no. 1, p. 50010.

L. H. Hadian, S. M. Hadad, and I. Marlina, “Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 4, no. 2, pp. 212–242, 2018.

W. S. Barnett, “The 2015 State Preschool Yearbook,” New Brunswick, NJ Natl. Inst. Early Educ. Res. Rutgers Univ., 2016.

M. S. Costa and B. F. Dos Santos, “The conceptual profile of Equilibrium and its contributions to the teaching of Chemical Equilibrium,” Chem. Educ. Res. Pract., 2021.

I. A. S. Ekayati and D. L. Rosiqoh, “Penerapan Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 162–165, 2021.

N. Nurmayasari and I. A. S. Ekayati, “Design Pengembangan Media Untuk Mengasah Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 402–406, 2021.

Y. S. Pratiwi, “Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A2 Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Kepingan Bangun Datar Di Tk Sekar Tanjung Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016,” 2016.

Additional Files

Published

2022-10-31