Kemampuan Menganalisis Kebutuhan dan Pemahaman Diri bagi Orang Tua sebagai Upaya Preventif Terjadinya Stres

Authors

  • kholifah dra universitas pgri ronggolawe

Keywords:

Analisis kebutuhan, kemampuan pemahaman diri, stres

Abstract

Pemulihan kondisi pasca pandemi Covid-19 masih terasa sulit, tantangan kehidupan semakin komplek, manusia mengalami kekhawatiran, ketakutan, kecemasan. Kebutuhan kehidupan yang beragam sulit dihindari, menuntut dipenuhi, apabila tidak, akan mendatangkan permasalahan. Orang tua harus mampu menganalisis kebutuhannya, mendesak atau dapat ditangguhkan. Orang tua juga harus memiliki kemampuan memahami diri sendiri, faham kekuatan dan kelemahannya dengan harapan dapat mengambil keputusan yang tepat. Keduanya penting dimilikinya agar supaya terhidar terjadi stres sebagai akibat pemenuhan kebutuhsn yang tidak dapat terpenuhi. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan tentang pentingnya kemampuan menganalisa kebutuhan dan pemahaman diri sebagai upaya preventif terjadinya stres. Metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi, analisa dengan teknik domain. Hasilnya, antisipasi stres, masih banyak orang tua belum mampu, kemampuan orang tua dalam menyesuaikan diri dengan realita masih rendah, sering orang tua kurang tepat menyikapi stres. Dalam mengnalisa kebutuhan masih sering kebingungan, hal tersebut karena orang tua sering terpengaruh lingkungannya, malu jika tidak sama dengan yang lain. Kemampuan orang tua dalam memahami diri sendiri masih sangat memprihatinkan, karena pada umumnya kurang bisa mengenali siapa dirinya dan tindakannya berorientasi dengan orang lain, bukan berkaca pada “siapa dirinya”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Agus F, 2014. Mengubah Stres Menjadi Sukses.Surabaya: Pustaka Rumah Akhlak

Depdikbud, 1994. Kamus BesarBahasa Indonesia. Edisi kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

El Fiah, 2017. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bajagrafindo Persada.

Fitriani, Okiana. 2017. Enlightening Parenting (Mengasuh Pribadi Tangguh Menjelang Generasi Gemilang).Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta

Mustafa, dkk. (2010: 130). Profesi Keguruan I. Tuban: PGSD UNIROW.

Nurani, Yuliani, 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

OR Salim, dkk. 2002. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: Direktorat PAUD.

Safaria, Triantoro. 2012. Manajemen Emosi. (Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dan Hidup Anda). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sakti, Surya, Hadiwijoyo. 2015. Pengarusutamaan Hak Anak Dalam Anggaran Publik. Yogyakarta: Grahailmu.

Semiawan, Conny. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini; Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenhallindo.

Surya, Muhammad. 2013. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi (dari guru untuk guru). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Konsep, Teori, dan Aplikasi.Jakarta: Prenadamedia

Sutirna, 2013. Bimbingan dan Konseling (Pendidikan formal, Non formal dan Informal).Yogyakarta: ANDI.

Mukminin, dkk, 2020. Panduan Penulisan Skripsi. Tim Penyusun Dosen Metodologi Penelitian Unirow.Tuban: Unirow Press.

Yusuf. 2009. Program Bimbingan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Additional Files

Published

2023-05-31