Implementasi Percobaan Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok Bermain AL Hidayah Ternyang Kecamatan Sumberpucung

Authors

  • Ifa Aristia Sandra Ekayati
  • Risna Duwi Damayanti KB AL Hidayah Ternyang
  • Sumadi Sumadi universitas pgri ronggolawe
  • Firdausi Nuzula universitas pgri ronggolawe

Keywords:

Percobaan sains, kognitif, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa kreativitas anak mulai berkurang terutama dalam perkembangan kognitifnya. Untuk mengatasi hal tersebut,  penulis membuat penelitian dengan judul “implementasi percobaan sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di KB AL Hidayah Ternyang Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi di lapangan, tanja jawab dengan peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakaan adalah menggunakan teknik penskoring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi awal  didapatkan data kategori baik sebesar 27,27%, kategori cukup sebesar 59.1 % dan kategori kurang sebesar 13.67%. Pada Siklus I terdapat kategori baik 45.45%, kategori cukup 50% dan kategori kurang 4,5%/. Sedangkan pada Siklus II terdapat kategori Baik sebesar 86.36 %, kategori cukup sebesar 9.10% dan kategori kurang sebesar 4.5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Raikes, “Defining and Measuring Quality of Early Childhood Education in Low‑and Middle‑Income Countries,” Meas. Noncognitive Ski. Sch. Settings Assessments Exec. Funct. Soc. Competencies, p. 189, 2022.

D. I. Efendi and I. A. S. Ekayati, “Rekognisi Miskonsepsi Anak Usia Dini Pada Konsep Gizi Untuk Tumbuh Kembang Anak.”

H. GĆ¼mĆ¼sdag, “Effects of Pre-School Play on Motor Development in Children.,” Univers. J. Educ. Res., vol. 7, no. 2, pp. 580–587, 2019.

S. F. Yap, “Science and Safety Inside and Outside School Laboratories,” in The Art of Teaching Science, Routledge, 2020, pp. 190–208.

I. A. S. Ekayati and H. Henita, “UJI VALIDITAS MEDIA BUSY BOOK KAIN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 180–182, 2021.

I. Asari and I. A. S. Ekayati, “UJI VALIDITAS MEDIA GEOMETRY SPONGE CANDY GUNA PENGENALAN TIGA BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN,” Pros. SNasPPM, vol. 7, no. 1, pp. 943–946, 2022.

E. D. Afriyanti and R. D. Permata, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN ABJAD UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 680–685, 2021.

C. J. Luxford and S. L. Bretz, “Development of the bonding representations inventory to identify student misconceptions about covalent and ionic bonding representations,” J. Chem. Educ., vol. 91, no. 3, pp. 312–320, 2014, doi: 10.1021/ed400700q.

P. E. Marliana and I. A. S. Ekayati, “UJI VALIDITAS MEDIA MAGNETIC BOARD PADA KONSEP MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA IX PARENGAN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 7, no. 1, pp. 847–851, 2022.

C. Zimmerman and D. Klahr, “Development of scientific thinking,” Stevens’ Handb. Exp. Psychol. Cogn. Neurosci., vol. 4, pp. 1–25, 2018.

P. M. Sadler and G. Sonnert, “Understanding Misconceptions Teaching and Learning in Middle School Physical Science,” Am. Educ. Spring, vol. 40, no. 1, pp. 26–32, 2016.

M. A. Supriadi, I. M. Astra, M. Japar, and F. Fitriyani, “Learning achievement: outdoor learning and naturalist intelligence,” JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones., vol. 5, no. 2, pp. 47–53, 2020.

R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.

I. A. S. Ekayati and D. I. Efendi, “PROFIL PRAKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 3, no. 1, pp. 96–99, 2018.

Additional Files

Published

2023-05-31