PENGEMBANGAN MEDIA DADU FLANEL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • NUR FAIZAH Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Marli'ah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran; dadu flanel; mengenal bentukl geometri dan geometri sederhana

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi suatu permasalahan yaitu kurang menariknya penggunaan media pembelajaran mengenal bentuk geometri untuk aspek kognitif sebagai aspek perkembangan yang penting untuk diberikan stimulasi. Penelitian pengembangan ini ditujukan untuk mendeskripsikan Media Dadu Flanel sebagai media untuk mengenalkan bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun. Pengembangan media dadu flanel untuk menstimulusi kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun  merupakan wujud yang dilaksanakan untuk membantu anak mengenal bentuk geometri. Penelitian ini juga menghasilkan produk berupa dadu flanel yang dapat diterapkan untuk memberikan materi untuk mengenalkan bentuk geometri pada anak.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument berupa angket. Dalam penelitian ini digunakan angket penilaian untuk memvalidasi media pembelajaran. Angket penilaian instrumen ini digunakan untuk menunjukkan adanya tingkat kevalidan atau kelayakan media dadu flanel. Skor yang diperoleh dari angket yang diisi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji validasi media Dadu Flanel menunjukkan bahwa uji validasi media memperoleh skor 3,33 (sangat layak) dan uji validasi materi memperoleh skor 3,32 (sangat layak). Berdasarkan hasil dari media dan materi maka mendapatkan hasil akhir sebesar 3,32 dengan persentase  83% yang termasuk kategori sangat layak. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Dadu Flanel sebagai media pembelajaran yang edukatif, dapat digunakan mengenalkan bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana, 2011.

A. Sudono, Sumber belajar dan alat permainan. Grasindo, 2000.

E. Citrowati, “Penerapan Konsep Geometri dalam Mengembangkan Logika Matematika di TK Melati Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018,” Menara Ilmu, vol. 13, no. 4, 2019.

K. Khadijah, “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini,” 2016.[5] R. Dewi, E. Puspitasari, and R. Kurnia, “Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5

Tahun,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 9600–9609, 2021.

A. Wahid, “Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar,” Istiqra J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, vol. 5, no. 2, 2018.

H. Raudhatul Jannah, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis,” Abil. J. Educ. Soc. Anal., pp. 148–155, 2022.

R. Maskur, N. Nofrizal, and M. Syazali, “Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 177–186, 2017.

F. APRIYANI, “Pengembangan media dadu dan papan flanel untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep geometri dan konsep berhitung pada anak Kelompok A RA Perwanida I Cluring tahun 2017/2018,” 2018.

B. Rohiyatun and L. Najwa, “Pengelolaan sarana dan prasarana di PAUD,” J. Vision. Penelit. Dan Pengemb. Dibidang Adm. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2021

Additional Files

Published

2023-10-31