IMPLEMENTASI PERILAKU DISIPLIN MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH II DESA BABAT KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Nurul Istiqomah TK Aisyiyah II Lamongan
  • Yuyun Istiana Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Perilaku Disiplin, Buku Cerita Bergambar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku disiplin anak belum maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Meningkatan perilaku disiplin anak kelompok A TK Aisyiyah II Desa Babat Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Aisyiyah II Desa Babat Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan sejumlah 10 anak, terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung melalui lembar instrumen observasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perilaku Menigkatkan disiplin yang ditunjukan setiap indikator yaitu berhenti bermain sesuai waktunya, datang ke sekolah tepat jam 07.00 WIB, meletakkan sepatu ditempatnya, membuang sampah pada tempatnya dan istirahat sesuai waktunya di kelompok A TK Aisyiyah II Desa Babat. Hal tersebut dapat dilihat dari siklus I dengan hasil observasi perilaku disiplin setiap indikator  70% dan pada siklus II  meningkat menjadi 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

R. Rosari, S. Bakri, T. Santoso, and D. W. S. R. Wardani, “Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan terhadap Insiden Penyakit Tuberkulosis Paru: Studi di Provinsi Lampung (Effect of Land Use toward Pulmunary Tuberkulosis Incidence: Study in Lampung Province),” J. Sylva Lestari, vol. 5, no. 1, pp. 71–80, 2017.

S. Ariyani, V. Simanjuntak, and F. P. Hidasari, “Tingkat Kedisiplinan Atlet PPLP pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 3, 2019.

R. KARO-KARO, “PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK NONDIRECTIVE COUNSELING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA BROKEN HOME SISWA SMA PUTERI SION MEDAN TA 2017/2018.” UNIMED, 2018.

Additional Files

Published

2023-10-31