ANALISIS DATA VALIDASI AHLI MEDIA TERHADAP MEDIA ULAR TANGGA POP UP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL GERAKAN SALAT

Authors

  • Sandyan Eka Nur Kholifah TK Dharma Wanita Sukoharjo
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media, Ular Tangga Pop Up, Gerakan Shalat

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk berupa media ular tangga pop up. Media ini dikembangkan dengan sebagai inovasi media untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal gerakan salat. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu, menggunakan model pengembangan dari Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahapan. Namun, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 peneliti hanya menggunakan lima dari sepuluh tahapan yang ada.  Diantaranya adalah (1) Potensi masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi produk (5) Revisi produk.

Penelitian ini menggunakan tiga validator yang terdiri dari ahli media sebagai subjek penelitian. Sementara itu, media ular tangga pop up merupakan objek dari penelitian ini. Hasil analisis data dari para validator diperoleh hasil dari validator 1 sebesar 96%, dari validator 2 sebesar 92% serta dari validator 3 sebesar 86%. Dari proses tersebut diperoleh hasil prosentase kelayakan sebesar 91,3% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. R. Safira, Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communication, 2020.

A. S. Dini, “PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN.” UIN Raden Intan Lampung, 2021.

S. P. Guslinda and R. Kurnia, Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing, 2018.

B. Ajar and P. P. G. PPG, “Media pembelajaran anak usia dini.” Bandung: Universitas Pedidikan Indonesia, 2010.

M. K. Al Mahfani and U. N. Izzah, Sholat Khusyuk untuk Wanita. WahyuMedia, 2012.

S. Nurjanah, “Perkembangan nilai agama dan moral (STTPA Tercapai),” Paramurobi J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 43–59, 2018.

M. Ilham, D. D. Sari, Z. Basrul, L. Sundana, F. Rahman, and N. Akmal, Media Pembelajaran: Teori, Implementasi, dan Evaluasi. Jejak Pustaka.

M. Sholeh, “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Gentala Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 138–150, 2019.

E. Nur’aini, “Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku Pelajaran melalui Media Ular Tangga,” BRILIANT J. Ris. Dan Konseptual, vol. 2, pp. 441–447, 2017.

A. Sumardi and A. Fadly, “Media buku bergambar dalam mengenalkan sapaan kekerabatan Bahasa Minang pada remaja Nagari Duo Koto,” J. Teor. dan Praksis Pembelajaran IPS, vol. 3, no. 2, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabet, 2001

Additional Files

Published

2023-10-31