PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5 - 6 TAHUN

Authors

  • Lialiya Rohmatun Nada TK DHARMA WANITA KARANGAGUNG
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Ular Tangga, Kemampuan Berhitung Permulaan

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam kegiatan memahami konsep dan dapat berhitung memberikan masukan kepada guru dalam memberikan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Pengembangan mediapular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun menggunakan model pengembangan Baker dan Schultz. Modelzpengembangan Baker dan Schultz inizterdapatztujuhztahapan. Tahapan pengembangannya yaitu, formulation, instructional specifications, item tryout, product development, product tryout, product revision, dan operations analysis. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan pengembangan yaitu media ular tangga untuk anak usia 5-6 tahun. Media ular tangga ini bisa digunakan sebagai media untuk sumber belajar dan proses pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar. Pengembangan produk media ular tangga ini sudah diuji validasikan pada beberapa para ahli yaitu tiga ahli media dan dua ahli materi. Dari hasil uji validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata kualitas media yaitu 3,36 dan persentase 84,1%. Kemudian dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata kualitas materi yaitu 3,4 dan persentase 85% yang termasuk pada kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil uji validasi ini menunjukkan bahwa media ular tangga dapat digunakan untuk media alternatif sebagai sumber pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. SURUR, “KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN”.

K. A. Febiola, “Peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui pengembangan media pembelajaran pohon angka,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 3, no. 2, pp. 238–248, 2020.

R. Charlesworth, “Experiences in Math for Young Children, FifthEdition,” Clift. Park Thomson Delmar Learn., 2005.

A. Sudono, Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo, 2000.

A. Adesti and S. Nurkholimah, “Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi adobe flash cs 6 pada mata pelajaran sosiologi,” Edutainment, vol. 8, no. 1, pp. 27–38, 2020.

U. Zuhdi, “dkk.(2010). Pengembangan Perangkat Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris (Vocabulary) pada Mahasiswa S-1 PGSD,” J. Pendidik. Wacana Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 6, pp. 188–201.

D. A. Hamidah and G. S. Gumilang, “Profil Pemanfaatan Media Ular Tangga di SMP Mardi Utomo Grogol,” in Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 2023, pp. 964–972.[8] A. M. Aela, M. Fatih, and C. Alfi, “PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS MAGIC BOX UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS I SD,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 5260–5272, 2023.

M. A. K. B. I. Bagus and K. Darminto, “Terapan Media Permainan Ular Tangga Pintar Dalam Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar,” Malih Peddas, vol. 3, no. 2, p. 149415.

J. W. Munson, Introductory instruction in spin casting, golf, and archery: a comparison of expert, massed and self-instruction techniques. The Ohio State University, 1979

Additional Files

Published

2023-10-31