Analisis Willingnes To Pay Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Objek Wisata Maharani Zoo & Goa

Authors

  • Rizki Putra Dwi Cahya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novi Hendra Wirawan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Hendra Suwardana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Susanti Dhini Anggraini Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/imej.v3i1.1302

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, (WTP) Willingness To Pay, Maharani Zoo & Goa

Abstract

This research is motivated by customer satisfaction with the Maharani Zoo&Goa tourist attraction in 2022. The aim of this research is to find out the estimated number (WILLINGNES TO PAY) of visitors for the level of customer satisfaction with the objects provided by the Maharani Zoo&Goa tourist attraction and to find out the factors. what influences the value of visitors' willingness to pay WTP for the level of customer satisfaction with the objects provided by Maharani Zoo & Cave tourism in Paciran District, Lamongan Regency in 2022. This research uses the (WILLINGNES TO PAY) method. The data collection technique used by the researcher was observing, then conducting interviews with several visitors. The results of the research. The average cost that visitors to Maharani Zoo&Goa are willing to pay (WTP) is IDR 37,450.00 with 54% very satisfied and 39% satisfied and 7% dissatisfied and the average satisfaction of visitors at Maharani Zoo&Goa is 2.47%. This means that most respondents who are visitors to the Maharani Zoo&Goa tourist attraction are willing to pay that amount for visitor satisfaction with the objects at the Maharani Zoo&Goa tourist attraction. Based on the test results, it shows that the income variable (X2) has a significant effect on the willingness to pay (WTP) of visitors to the Maharani Zoo&Goa tourist attraction because the p value is <0.1 (α=10%) with a calculated margin effect (ME) value of 3.2% , if the income level is sufficient then WTP will increase by 0.032 or 3.2%. This means that the higher the respondent's income, the greater their willingness to pay (WTP). Meanwhile, variables that are not significant to the willingness to pay (WTP) of Maharani Zoo&Goa tourist visitors are age (X1), education (X3), number of family members (X4) and travel satisfaction (X5).

 

Penelitian ini dilatarbelakangi kepuasan pelanggan terhadap objek wisata maharani zoo&goa pada tahun 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa estimasi dari besarnya (WILLINGNES TO PAY) pengunjung untuk tingkat kepuasan pelanggan terhadap objek yang di berikan oleh wisata maharani zoo&goa dan Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besarnya nilai kesediaan membayar WTP pengunjung untuk tingkat kepuasan pelanggan terhadap objek yang diberikan oleh wisata maharani zoo&goa Di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Pada Tahun 2022. Penelitian ini menggunkan Metode (WILLINGNES TO PAY). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melakukan observasi, lalu kemudian melakukan wawancara terhadap beberapa pengunjung. Hasil dari penelitian Rata-rata biaya yang bersedia dibayarkan willingness to pay (WTP) oleh pengunjung wisata maharani zoo&goa adalah Rp 37.450.00 dengan 54% sangat puas dan 39% puas dan 7% tidak puas dan rata-rata kepuasan pengunjung di maharani zoo&goa adalah 2,47%.

Artinya kebanyakan responden pengunjung wisata maharani zoo&goa bersedia membayar sebesar nilai itu untuk kepuasan pengunjung terhadap objek di wisata maharani zoo&goa.

Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa variabel pendapatan (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap willingnes to pay (WTP) pengunjung wisata maharani zoo&goa karena p value < 0,1 (α=10%) dengan nilai hasil perhitungan margin effect (ME) 3,2%, jika tingkat pendapatan merasa cukup maka WTP akan meningkat sebesar 0,032 atau 3,2%. Hal tersebut berarti jika semakin tinggi pendapatan responden maka willingnes to pay (WTP) akan semakin besar. Sedangkan variabel yang tidak signifikan terhadap willingnes to pay (WTP) pengunjung wisata maharani zoo&goa adalah Usia(X1), pendidikan(X3), jumlah anggota keluarga(X4) dan kepuasan berwisata(X5).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanah, D., Budiarta, K., & Harahap, D. A. (2018). Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Pemandian Hairos Waterpark Medan. Jurnal PLANS: Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 13(1), 56-64.

Ashoer, M., Revida, E., Dewi, I. K., Simarmata, M. M., Nasrullah, N., Mistriani, N., ... & Simarmata, H. M. P. (2021). Ekonomi Pariwisata. Yayasan Kita Menulis.

Bafadhal, A. S. (2018). Perencanaan Bisnis Pariwisata: Pendekatan Lean Planning. Universitas Brawijaya Press.

Bhudiharty, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Farmhouse Lembang. Management and Accounting Expose, 2(1), 10-20.

Damanik, D. (2019). Willingness To Pay (WTP) Pengunjung Museum Simalungun Di Kota Pematangsiantar. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(3), 9-16.

Fermayani, R., Egim, A. S., & Atsarina, A. (2021). Pengaruh Nilai Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia. Jurnal Ecogen, 4(3), 327-335.

Firmansyah, M. A., & Mochklas, M. (2018). Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif, 15(1), 281-295.

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44.

Hidayah, N., Sopian, T., Nauval, A. M., Ikrawardani, F. N., Fausta, F. D., Putri, I. S., & Annazly, M. H. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC: Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Lebak, Banten. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 5(2), 57-75.

Isdarmanto, I. (2017). DASAR DASAR KEPARIWISATAAN DAN PENGELOLAAN DESTINASI WISATA.

Ma’nunah, Z., Sari, M. I., & Winahyu, P. (2022). PENGARUH CITRA DESTINASI, PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DIRA SWIMMING POOL AMBULU. Growth, 20(1), 1-10.

Matondang, M. A., & Hermawan, R. (2017). The Effect of Visitor Satisfaction Level on Willingness to Pay at Plengkung, in Alas Purwo National Park. Media Konservasi, 22(2), 164-170.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka.

Pradana, G. Y. K. (2019). Sosiologi pariwisata.

Saputra, N. G., & Parantika, A. (2017). Analisa Ability To Pay (Atp) Dan Willingness To Pay (Wtp) Pengunjung Di Monumen Nasional Jakarta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 2(2), 129-145.

Suprihatin, W. (2020). Analisis perilaku konsumen wisatawan era pandemi Covid-19 (Studi kasus pariwisata di Nusa Tenggara Barat). Bestari, 1(1), 56-66.

Yanti, R., Nuvriasari, A., Harto, B., Puspitasari, K. A., Setiawan, Z., Susanto, D., ... & Syarif, R. (2023). Green Marketing For Business. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-26

Issue

Section

Articles