Analisis Willingness To Pay Untuk Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan di Pantai Semilir

Authors

  • Alfina Hidayati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Novi Hendra Wirawan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Nanang Wicaksono Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Susanti Dhini Anggraini Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

willingness to pay, kepuasan pelayanan, wisata

Abstract

Semilir Beach is a tourist attraction located in Tuban Regency which was inaugurated in September 2020 which coincided with the easing of the PSBB or large-scale social restrictions COVID-19. To enter the Semilir Beach tour, visitors only have to pay for a vehicle parking ticket. One of the efforts to improve the implementation of service standards is to determine the amount of the entrance fee at Semilir Beach Tourism by measuring the level of visitor satisfaction using the willingness to pay (WTP) approach. In this study the willingness to pay (WTP) approach aims to find out what the estimation of the WTP value of visitors is for the level of customer satisfaction on the quality of service provided by Semilir Beach Tourism and to find out what factors influence the value of visitors' WTP willingness to pay for the level of customer satisfaction. The research was conducted in January-March 2022 and the results showed that the average willingness to pay (WTP) of 100 respondents was IDR 7,600, with 77% of visitors feeling satisfied having traveled to the Breezy beach. While a significant variable in determining the value of WTP is travel satisfaction (X5).

Pantai Semilir merupakan obyek wisata yang bertempat di Kabupaten Tuban yang diresmikan pada Bulan September 2020 yang bertepatan dengan pelonggaran PSBB atau pembatasan sosial berskala besar COVID-19. Untuk masuk ke dalam wisata Pantai Semilir, pengunjung hanya harus membayar karcis parkir kendaraan. Salah satu upaya meningkatkan pelaksanaan standar pelayanan adalah menentukan besarnya tarif tiket masuk di Wisata Pantai Semilir dengan mengukur tingkat kepuasan pengunjung menggunakan pendekatan willingness to pay (WTP). Pada penelitian ini pendekatan willingness to pay (WTP) bertujuan untuk mengetahui mengetahui berapa estimasi dari besarnya nilai WTP pengunjung untuk tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Wisata Pantai Semilir dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besarnya nilai kesediaan membayar WTP pengunjung untuk tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Maret 2022 dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata willingness to pay (WTP) dari 100 responden adalah Rp 7.600, dengan 77% pengunjung merasa puas telah berwisata di pantai semilir. Sedangkan variabel yang signifikan dalam penentuan nilai WTP adalah kepuasan berwisata (X5).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rangkuti, F. (2017). Customer care excellence: meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima plus analisis kasus jasa raharja. Gramedia Pustaka Utama.

Prayoga, A. (2022). Analisis Willingness to Pay (WTP) Masyarakat terhadap Ekosistem Mangrove di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Matondang, M. A., & Hermawan, R. (2017). Pengaruh Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Willingness To Pay Di Plengkung Taman Nasional Alas Purwo. Media Konservasi, 22(22).

Firatmadi, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 80-105.

Matondang, M. A., & Hermawan, R. (2017). The Effect of Visitor Satisfaction Level on Willingness to Pay at Plengkung, in Alas Purwo National Park. Media Konservasi, 22(2), 164-170.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131-143.

Rahmawati, C., & SASANA, H. (2014). Analisis willingness to pay wisata air sungai Pleret Kota Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Ramadhan, D. W. (2019). Pengujian usability website time excelindo menggunakan system usability scale (sus)(studi kasus: website time excelindo). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 139-147.

Tangkere., Dll. (2017). Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan Daerah Wisata Puncak Temboan Tomohon. Unsrat (Agri-Sosial Ekonomi)

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles