Analisa Kepuasan Peserta Pelatihan di BLKI Kabupaten Tuban Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Authors

  • Imron Yulianto Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Susanti Dhini Anggraini Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Anggia Kalista Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Kepuasan, importance performance analysis (IPA), BLKI

Abstract

Tuban Regency has one of the Indonesian Vocational Training Centers (Balai Latihan Kerja Indonesia or BLKI) which serves as a platform to enhance soft skills and skills in various technical fields such as automotive engineering, welding, agricultural or fisheries processing, woodworking, information and communication technology, sewing, graphic design or DrafterCad, electrical engineering, creative industries, culinary arts, and CNC manufacturing. The purpose of this research is to determine the partial influence of trainees' satisfaction at the BLKI Tuban Regency. In this study, the researcher uses the Importance Performance Analysis (IPA) method to determine the magnitude of the participants' satisfaction index and analyze the attributes that require further attention to improve trainee satisfaction. The research instrument employs a questionnaire distributed to 30 respondents of the 2022 first batch CNC manufacturing and Draft Cad programs. Customer satisfaction is measured using 5 dimensions, namely tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The data obtained from the 30 respondents are then processed using SPSS 16 software, and the validity test is deemed valid with an r-table of 0.361. The results of the reliability test show a Cronbach's alpha of 0.947, which indicates reliability.The findings of this research fall into quadrant III, indicating low priority and the need for further improvement in its implementation. The attributes within quadrant III include; Clean and fragrant toilets, Comfortable Waiting Rooms and Registration Areas, Availability of Handwashing Facilities, and Food Menu Suitability and Variability.

Kabupaten Tuban memiliki salah satu Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) yang merupakan wadah mengasah soft skill, keterampilan meliputi kejuruuan otomotif, teknik pengelasan, pengolahan hasil pertanian atau perikanan, woodworking, informasi dan komunikasi, menjahit, design grafis atau DrafterCad, teknik listrik, industri kreatif, tata boga dan mesin CNC manufaktur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh secara parsial kepuasan peserta pelatihan di BLKI Kabupaten Tuban. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) melalui pendekatan dapat diketahui besaran indeks kepuasan peserta sekaligus analisa mengenai atribut yang membutuhkan penanganan lebih lanjut guna meningkatkan kepuasan peserta pelatihan. Instrument penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 30 responden program CNC manufaktur dan draftercad angkatan pertama tahun 2022. Untuk mengukur kualitas kepuasan pelanggan dengan menggunakan 5 dimensi yaitu bukti fisik (Tangible), kendalan (Reabilitiy), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Emphaty). Data yang diperoleh dari 30 responden selanjutnya diolah menggunakan software SPSS 16 sehingga uji validitas dinyatakan valid dengan r tabel 0,361. Dari hasil uji reliabilitas didapat hasil cronbach alpha 0,947 yang berarti reliable. Hasil penelitian ini pada kuadran III yaitu prioritas rendah dan perlu ditingkatkan lagi pelaksanaanya, atribut dalam kuadran III antara lain ; Toilet yang bersih dan wangi, Ruang Tunggu Dan Ruang Pendaftaran Yang Nyaman, Terdapat Tempat Cuci Tangan dan Kesesuaian Menu Makanan Dan Variatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Trisnawati, T. (2022). Peran Balai Latihan Kerja Terhadap Penyediaan Sumber Daya Manusia Di Desa Tanju Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Baitul, M. (2021). Analisis Kepuasan Peserta Pelatihan Housekeeping Di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat).

Sobrowi, A., Safri, M., & Achmad, E. (2021). Analisis penerimaan retribusi obyek pariwisata di Kota Jambi. e-Jurnal Perspektif Ekonomi dan Pembangunan Daerah, 10(1), 39-48.

Wibisono, A. P. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Pondok Tingal Di Kabupaten Magelang. Diponegoro Journal Of Management, 311-323.

Muchsin, M. (2018). Pengaruh Gaya Hidup terhadap Kepuasan Konsumen Blackberry di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visioner & Strategis, 6(1).

Sinnun, A. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI. Jurnal Informatika, 4(1).

Hakim, L., & Pertiwi, T. (2018). Analisis tingkat kepuasan pengguna terhadap website stkip pgri lubuklinggau menggunakan metode pieces. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 9(2), 26-36.

Adi, R. (2021). Metodologi penelitian sosial dan hukum. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles