Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Suci Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas VIII Smpn 1 Golewa Tahun Pelajaran 2021
DOI:
https://doi.org/10.4321/as.v2i2.1658Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran pendidikan agama katolik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode kerja dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak positif terhadap nilai akhir yang diperoleh siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I dan siklus II melalui pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, maka diperoleh data bahwa semua siswa menyukai cara belajar dan termotivasi untuk belajar dengan menggunakan metodetutor sebaya dengan alasan proses pembelajarannya menyenangkan serta tidak membuat jenuh.
Downloads
References
Arikunto, S. et all., 2004. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bina Aksara
Harper, Douglas, 2016. “Bible”, Online Etymology Dictionary, diakses dari http://www.etymonline.com/word/bible pada Senin, 4 April 2016
Ruseno, A. dan Suprihatin, T. 2010. Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Meningkatkan hasil Belajar Berdasarkan Regulasi Diri, Makara, Sosial Humaniora, Vol 14, No. 2, Desember 2010: 91-97
Soeprodjo. 2013. Metode Tutor Sebaya, diakses dari http://zaifbio.wordpress.com/2013/09/13/metode-tutor-sebaya/ pada Senin, 4 April 2016
Susilowati, dkk. 2009. Pembelajaran Kelas Rangkap. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional