Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Metode Belajar Kreatif dan Mandiri Melalui Pembuatan Senter Sederhana pada Siswa Kelas VI Semester II SDN Doka

Authors

  • Veronika Wunu SDN Doka Kecamatan Golewa, Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.4321/as.v2i2.1659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pakah metode belajar kreatif dan mandiri menciptakan karya sederhana melalui pembuatan senter otomatis pada siswa kelas VI semester II dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Doka. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar kreatif dan mandiri dengan menciptakan karya sederhana yang salah satunya dengan membuat lampu senter otomatis pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Doka Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah untuk memotivasi siswa dalam belajar, diharapkan kepada para guru untuk menerapkan pembelajaran yang menekankan pada kreatifitas dan kemandirian dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkarya .

Downloads

References

Sutarno, Nono dan dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Wahyudin, Din dan Supriyadi dan Abduhah Isaac. 2006. Pengantar Pendidikan.Jakarta: Universitas Terbuka

Zainul, Asmawi dan Mulyana, Agus. 2007. Tes Assesment di SD. Yakarta : Universitas terbuka

Wardani, I.G.A.K dan Wihardi, Kuswaya dan Nasution Noehi. 2006.. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Hariyani. 2004. IPA untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

28-02-2025

How to Cite

Wunu, V. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Metode Belajar Kreatif dan Mandiri Melalui Pembuatan Senter Sederhana pada Siswa Kelas VI Semester II SDN Doka. Jurnal Abdisembrani, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.4321/as.v2i2.1659