MERAYAKAN HUT KEMERDEKAAN INDONESIA KE-77 DENGAN MENGADAKAN LOMBA GREEN AND CLEAN DAPAT MEMBANGUN SEMANGAT MASYARAKAT DESA NGULAHAN KECAMATAN TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Bisri Musthofa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Niken Diah Sasmita Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ika Rikma Ratri Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.4321/as.v1i1.631

Keywords:

Negara Indonesia; Green and Clean, Desa Bersih.

Abstract

Indonesia adalah negara yang yang pernah di jajah selama ratusan tahun oleh beberapa negara, dan berhasil merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah pembacaan teks proklamasi oleh Bapak Ir. Sukarno. Dalam mewujudkan Kemerdekaan Indonesia tidak mudah, banyak pahlawan-pahlawan yang gugur demi mewujudkan kemerdekaan. Oleh sebab itu kita sebegai masyarakat Indonesia yang tidak ikut berjuang bersama para pahlawan harus bisa mengahargai dengan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ini dengan sangat meriah. Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata kelompok 13 Universitas PGRI yang di tempatkan di Desa Ngulahan Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban mengajak warga Desa Ngulahan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ini dengan berbagai kegiatan lomba-lomba Agustusan salah satunya lomba Green and Clean. Program ini kami adakan karena melihat warga Desa Ngulahan yang masih suka membuang sampah sembarangan, seperti membuang di got, di sungai, dan di jalan. Alasan warga desa masih suka membuang sampah sembarangan karena sejak dulu sudah terbiasa seperti itu. Dengan latar belakang tersebut maka kami KKN Kelompok 13 mengadakan lomba Green and Cleen di Desa Ngulahan agar bisa mewujudkan desa yang bersih dan asri , sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, program yang kami buat ini sesuai dengan nama KKN kelompok 13 kami yaitu “Mewujudkan Kesadaran Masyrakat Akan Kebersihan Lingkungan Untuk Menghadapi New Normal di Desa Ngulahan Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan untuk kegiatan program  Green and Clean ini adalah terjun langsung pada masyarakat melalui penyuluhan di tiap – tiap RT yang diadakan di rumah – rumah warga desa Ngulahan pada hari Jum’at, 05 Agustus 2022 . Dari penyuluhan tersebut terdapat hasil berupa warga desa Ngulahan lebih sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, mengetahui perbedaan sampah organik dan unorganik guna mewujudkan lingkungan hidup yang bersih, asri, dan sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moleong, Laxy, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Offest.

Khoirunnisa, Nida. 2019. Keterlibatan Masyarakat Dalam Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Pabedilankulon Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon JPSI (Journal of public sector Innovations. Vol. 4 No. 1: November Tahun 2019, 1-7.

Cohen dan Upoff. 1990. The Amaquity of participation. New York: Third Word Quarterly. (Dalam Sari 2016)

Wibisono, Rizky. 2017. Implementasi Kebijakan Pedagang Kaki Lima di Sentra Ikan Bulak Kota Surabaya. JPSI (Juornal Pablic Sector Innovations). Vol 1, No. 2, Mei Tahun 2017, (55-58)

Bagja, Waluya. 2019. Pembinaan SOlidaritsa masyarakat Melalui Lamongan breen and clean di Desa Pucangro Kecamatan Kali Tengah Kabupaten Lamongan, (Online), vol.14 No.2 (https://www.academia.edu/83605027/Pembinaan_Solidaritas_Masyarakat_Melalui_Lamongan_Green_and_Clean_di_Desa_Pucangro_Kecamatan_Kalitengah_Kabupaten_Lamongan , diakses 22 Agustus 2022).

Downloads

Published

13-04-2023

How to Cite

Musthofa, B., Sasmita, N. D., & Ratri, I. R. (2023). MERAYAKAN HUT KEMERDEKAAN INDONESIA KE-77 DENGAN MENGADAKAN LOMBA GREEN AND CLEAN DAPAT MEMBANGUN SEMANGAT MASYARAKAT DESA NGULAHAN KECAMATAN TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN. Jurnal Abdisembrani, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.4321/as.v1i1.631