Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Sosialisasi Literasi Digital Marketing UMKM di Desa Ketodan Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban

Authors

  • Iva Suyanti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Achmad Khootib Syambasi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Muhammad In’amul Khobir Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.4321/as.v2i1.862

Abstract

Desa Ketodan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban merupakan desa yang tengah memanfaatkan teknologi sebagai media pemasaran. Dengan teknologi yang sudah berkembang pesat saat ini dapat dijadikan bahan pemasaran bagi masyarakat yang memiliki sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan memanfaatkan teknologi ini, para usaha UMKM dapat dengan mudah untuk memasarkan produknya yang sebelumnya hanya dipasarkan di desanya sendiri, kini dapat dipasarkan ke luar desanya, bahkan sampai luar kecamatan atau luar kabupaten. Media yang bisa digunakan untuk pemasaran ini bisa berupa Facebook, Instagram, WhatsApp, atau yang lainnya yang dapat dilihat orang banyak melalui sosial media. Caranya yaitu dengan memposting produknya dan menunjukkan kelebihan-kelebihan produknya yang tidak dimiliki oleh produk yang lain, agar pembeli lebih tertarik dengan produk yang dimilikinya. Hasil penelitian ini menunjukkan sebuah ilmu pengetahuan bagi para pemilik UMKM sebelum dan sesudah adanya kegiatan Literasi Digital Marketing UMKM di desa Ketodan. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan ilmu pengetahuan bagi para pemilik UMKM di desa Ketodan yang sebelumnya belum mengenal pemasaran lewat teknologi internet atau sosial media, kini menjadi tahu bahwa lewat internet juga dapat mempermudah untuk pemasaran sebuah produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

-Article Text-98-2-10-20181112. (n.d.).

-31562-1-PB. (n.d.). Anggraini, O., & Supriyanto, S. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan bagi UMKM Perikanan di Era Industri 4.0? 117–126. https://doi.org/10.33510/slki.2019.117-126

Shen, H., & Wall, G. (2021). Social media, space and leisure in small cities. In Asia Pacific Journal of Tourism Research (Vol. 26, Issue 2, pp. 73–80). Routledge. https://doi.org/10.1080/10941665.2020.1859057

Downloads

Published

30-04-2024

How to Cite

Suyanti, I., Syambasi, A. K., & Khobir, M. I. (2024). Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Sosialisasi Literasi Digital Marketing UMKM di Desa Ketodan Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Jurnal Abdisembrani, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.4321/as.v2i1.862