PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET JAGUNG BESERTA PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA JAMPRONG KECAMATAN KENDURUAN KABUPATEN TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.4321/as.v1i2.893Keywords:
Jamprong, Nugget jagung, Strategi pemasaranAbstract
Desa jamprong terletak di kecamatan kenduruan kabupaten Tuban, dibatasi langsung dengan provinsi Jawa Tengah yakni kota Blora. Dengan dataran tinggi perbukitan yang cocok digunakan sebagai ladang, tanah subur dimanfaatkan warga sebagai perkebunan. Dengan kontur perbukitan membuat sebagian besar warga bercocok tanam menanam jagung yang menjadi komoditas utama desa jamprong. Dengan potensi jagung yang cukup besar warga desa jamprong bisa membuat beragam olahan dari tanaman jagung. Namun Masyarakat desa jamprong lebih memilih untuk mengeringkan jagung kemudian menjualnya dalam bentuk kiloan dengan kisaran harga 7.000 per kilo (satu kilo adonan jagung menjadi 160 adonan nugget) menjadi Rp. 5.000 per bungkus (1 bungkus mika plastik isi 5 buah). Produksi jagung yang hanya dijual dalam bentuk bahan baku belum memberikan dampak yang signifikan pada perekonomian masyarakat desa jamprong. Oleh karena itu, Diperlukan upaya untuk meningkatkan nilai tambah jagung melalui pengolahan menjadi produk siap saji seperti Nugget jagung, yang nantinya dapat dikembangkan dan menjadi penigkatan perekonomian masyarakat desa jamprong.
Downloads
References
Dimas Hendika Wibowo. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Kalista, A., Maulana, A. K., Shandy, A. D., Kurrohman, T., Maliyana, J., Nafiah, R. N., Studi, P., Industri, T., Studi, P., Ekonomi, P., Program, M., Teknik, S., Program, M., Pendidikan, S., Pendidikan, M., Inggris, B., Lokal, P., & Jagung, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Nugget Jagung Sebagai Kabupaten Tuban. Journal of Community Service, 4(4), 431–441.
Maghfiroh. 2000. Pengaruh Penambahan Bahan Pengikat terhadap Karakteristik Nugget dari Ikan Patin (Pangasius hypothalamus) (Skripsi), program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan. Institut Teknologi Bogor
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Tjambolang, T. A., Radjab, E., Darma Paramita, V., & HR, Y. (2019). Pembuatan Nugget Berbahan Dasar Jagung Di Desa Pa’rasangang Beru,Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019, 212–215.