PELATIHAN ENGLISH FOR BUSINESS UNTUK MENGEMBANGKAN JANGKAUAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.4321/as.v1i2.914Keywords:
Bahasa Inggris untuk Bisnis; Bahasa Inggris untuk Pemasaran; pertumbuhan ekonomi; UMKMAbstract
Untuk mengembangkan jangkauan pemasaran, Bahasa Inggris sangat perlu digunakan karena Bahasa tersebut merupakan bahasa utama dalam pemasaran di kancah internasional. Oleh karenanya pelaku UMKM perlu memiliki pengetahuan bagaimana menggunakan Bahasa Inggris baik untuk promosi produk maupun penulisan informasi pada kemasan. Namun masih banyak pelaku UMKM yang kurang memiliki pengetahuan ini sehingga menghadapi berbagai hambatan dalam mengembangkan jangkauan pemasaran produknya. Kegiatan Pelatihan English for Business bagi pelaku UMKM di Kabupaten Tuban diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yakni sesi penyuluhan dan sesi pendampingan. Hasil pre-test dan post-test mengindikasikan bertambahnya pengetahuan peserta tentang penggunaan Bahasa Inggris untuk pemasaran di media sosial dan penulisan informasi pada kemasan. Sesi pendampingan membantu peserta berlatih dan membuat unggahan promosi produk di media sosial. Selain itu, sesi pendampingan juga membantu peserta melengkapi informasi label kemasan sesuai peraturan yang berlaku serta menyediakan informasi berbahasa inggris.
Downloads
References
Alfin, A. 2021. Analisis strategi UMKM dalam menghadapi krisis di era pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8): 1543-1552. Doi: https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.280
Angdika, A. N., & Soeherman, B. 2019, September. Pemodelan bisnis untuk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di bidang kuliner pada era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Vol. 2, pp. 188-192).
De Bot, K. 2008. Introduction: Second language development as a dynamic process. The Modern Language Journal, 92(2): 166-178.
Hornikx, J., Van Meurs, F., & de Boer, A. 2010. English or a local language in advertising? The appreciation of easy and difficult English slogans in the Netherlands. The Journal of Business Communication (1973), 47(2): 169-188. Doi: https://doi.org/10.1177/0021943610364524
Hornikx, J., & van Meurs, F. 2017. Foreign languages in advertising as implicit country-of-origin cues: Mechanism, associations, and effectiveness. Journal of International Consumer Marketing, 29(2): 60-73. Doi: https://doi.org/10.1080/08961530.2016.1243996
Hutami, S. A. F., & Mutmainah, I. 2021. Strategi Pemasaran UMKM KUB Berkah di Desa Karang Asem pada Era New Normal. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 97-105. Doi: https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i1.35.97-105
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. 2013. Packaging design: Successful product branding from concept to shelf. John Wiley & Sons.
Permatasari, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1): 91-99. Doi: http://dx.doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.91-99
Pritandhari, M. 2022. Peran UMKM sebagai Salah Satu Pilar Ekonomi Kerakyatan. Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Indonesia, 1, 61.
Utami, I. T., & Febriansyah, R. 2021, November. Peranan bahasa Inggris dalam peningkatan pemasaran ekspor impor komoditi barang. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 3, No. 1, pp. 275-280).
Wenzhong, Z., & Jingyi, L. 2013. A Pragmatic Study on the Functions of Vague Language in Commercial Advertising. English Language Teaching, 6(6), 103-112.
Zaidman, N. 2001. Cultural codes and languages strategies in business communication: Interactions between Israeli and Indian businesspeople. Management Communication Quarterly, 14(3): 408-441. Doi: https://doi.org/10.1177/0893318901143002