PELATIHAN MARKETING DAN DIGITAL UNTUK PENINGKATAN USAHA RUMAH TANGGA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI KECAMATAN SEMANDING

Authors

  • Mario Fahmi Syahrial Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ulfa Yuliasari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Alfian Nurlifa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andy Haryoko Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.4321/as.v1i2.930

Abstract

Revitalisasi ekonomi pada era Revolusi Industri 4.0 telah memberikan tantangan baru bagi usaha rumah tangga di Kecamatan Semanding. Untuk bersaing secara efektif di pasar yang semakin kompetitif dan digital, diperlukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran dan penggunaan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menyelenggarakan pelatihan marketing dan digital guna meningkatkan kemampuan usaha rumah tangga di Kecamatan Semanding dalam menghadapi perubahan ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan pelatihan secara langsung atau workshop. Pelatihan ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK Penggerak ekonomi rumah tangga yang mempunyai usaha di berbagai bidang, seperti usaha kue kering, jamu tradisional, minuman kekinian, katering, dan lain sebagainya. Pelatihan ini mencakup berbagai topik yang dibahas, yaitu mulai pembuatan logo, pembuatan konten, dan branding digital dalam membangun citra dan kepercayaan pelanggan serta membangun dan memperkuat merek secara konsisten di platform digital. Hasil pelatihan ini, meningkatkan pemahaman dan keterampilan yang lebih baik tentang digital marketing sehingga peserta akan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang konsep dasar dan strategi digital marketing serta pentingnya memanfaatkan internet sebagai platform pemasaran yang efektif dan efisien. Pelatihan ini juga mengajarkan bagaimana memanfaatkan media sosial dan platform komunikasi digital lainnya untuk berinteraksi dengan pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, mengumpulkan umpan balik dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Prasetyo and U. Trisyanti, “REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN PERUBAHAN SOSIAL,” in Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” 2018, pp. 22–27. doi: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417.

A. Haryoko, A. Nurlifa, and U. Yuliasari, “PELATIHAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT KABUPATEN TUBAN,” Prosiding SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 228–230, 2019.

D. Anggoro, H. Hasugian, and Nofiyani, “Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 1, no. 3, pp. 384–391, Dec. 2020, doi: 10.37339/jurpikat.v1i3.345.

D. Sasongko, I. R. Putri, V. N. Alfiani, S. D. Qiranti, R. S. Sari, and P. E. Allafa, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung,” Jurnal Ilmiah Pangabdhi, vol. 6, no. 2, pp. 92–96, Oct. 2020, doi: 10.21107/pangabdhi.v6i2.7809.

B. Susanto, A. Hadianto, F. N. Chariri, M. Rochman, M. M. Syaukani, and A. A. Daniswara, “Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Community Empowerment, vol. 6, no. 1, pp. 42–47, Dec. 2020, doi: 10.31603/ce.4244.

H. Wijoyo, Haudi, A. Ariyanto, D. Sunarsi, and M. Faisal Akbar, “Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa,” IKRAITH-ABDIMAS, vol. 3, no. 3, pp. 169–175, 2020.

R. Jannatin, M. W. Wardhana, R. Haryanto, and A. Pebriyanto, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM,” Jurnal Impact : Implementation and Action, vol. 2, no. 2, 2020.

G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, vol. 1, no. 2, pp. 88–92, 2020.

A. D. Putri, H. Kuswoyo, I. Gulo, E. Ngestirosa, and E. Ghina Febrina, “Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur,” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), vol. 4, no. 1, 2023, doi: 10.33365/jsstcs.v4i1.2666.

A. M. Widiawati, A. A. Pratiwi, and G. Bimandra, “PELATIHAN DIGITAL MARKETING STRATEGY UNTUK MENCAPAI KEMANDIRIAN MASYARAKAT,” Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 147–157, 2019.

T. N. Fitria, “BISNIS JUAL BELI ONLINE (ONLINE SHOP) DALAM HUKUM ISLAM DAN HUKUM NEGARA Tira Nur Fitria STIE-AAS Surakarta,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 3, no. 1, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99.

N. Istifadhoh et al., “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA PELAKU USAHA BATIK ECOPRINT,” vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.36257/apts.vxix.

A. Mira Yunita, A. Sugiarto, R. Rizky, Susilawati, Z. Hakim, and N. Nailul Wardah, “Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Desa dengan Penerapan e-Surat Berbasis Web di Desa Sukacai Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang,” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 7, no. 1, pp. 188–193, Feb. 2022, doi: 10.30653/002.202271.31.

G. Farell, Thamrin, and I. Novid, “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto,” Suluah Bendang : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 19, no. 1, pp. 42–47, 2019, doi: 10.1007/10.2403/sb.0310.

A. Nurlifa, A. Haryoko, and U. Yuliasari, “Implementasi Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Tuban,” Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 161–167, 2020.

Downloads

Published

26-10-2023

How to Cite

Syahrial, M. F., Yuliasari, U., Nurlifa, A., & Haryoko, A. (2023). PELATIHAN MARKETING DAN DIGITAL UNTUK PENINGKATAN USAHA RUMAH TANGGA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI KECAMATAN SEMANDING. Jurnal Abdisembrani, 1(2), 92–97. https://doi.org/10.4321/as.v1i2.930