PELATIHAN PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEBAGAI PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MODERN EL MUMTAZ KABUPATEN TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.4321/as.v2i1.941Keywords:
pelatihan, KOSP, kurikulum merdekaAbstract
Mindset dan kesiapan guru-guru di sekolah merupakan tantangan terbesar dalam implementasi kurikulum di sekolah. Salah satu upaya yang diharapkan dapat mempersiapkan guru-guru dalam implementasi kurikulum baru adalah dengan melalui pelatihan. Pelatihan dan pendampingan penyusuan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai persiapan implementasi kulikulum merdeka di SD Modern El Mumtaz Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Mitra pelatihan sebanyak 15 orang yang berasal dari Kepala Sekolah, Guru dan tenaga pendidikan. Metode pelaksanaan program dibagi dalam dua tahap, yaitu persiapan dan pelaksanaan pelatihan pendampingan penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Pelatihan ini menghasilkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta mengenai persiapan implementasi Kurikulum Merdeka, yang menjadi bukti bahwa keseluruhan materi yang diberikan berhasil dipahami dengan baik oleh sebagian besar peserta pelatihan. Pada aspek kemampuan psikomotor, peningkatan dapat dibuktikan dari keberhasilan peserta menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) masing-masing yang nantinya akan dipakai di sekolah mereka, dan perubahan sikap terhadap implementasi Kurikulum Merdeka dapat terlihat dari optimisme dan kepercayaan diri peserta untuk segera menerapkan kurikulum ini di satuan pendidikannya masing-masing.
Downloads
References
Maba, W., & Mantra, I. B. N. (2018). The primary school teachers’ competence in implementing the 2013 curriculum. SHS Web of Conferences, 42, 00035. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200 035
Mantra, I. B. N., Suwandi, I. N., Sukanadi, N. L., Astuti, N. K. W., & Indrawati, I. G. A. P. T. (2019). Teachers’ competences in dealing with instructional constraints to develop higher quality of learning. International Journal of Social Sciences, 44–48. https://doi.org/10.31295/ijss.v3n1.95
Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “Independent Learning” in The Era of Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semi ba/article/view/13357
Uno, H. B. (2020). Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “ Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Pardigma Penelitian, 85–94
Widiastuti, I. A. M. S., Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2013). A Study on the Implementation of English School Based Curriculum in SMA Negeri 5 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia (JPBII), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp bi.v1i0.577