KARAWITAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DAN PENGEMBANGAN KARAKTER DI SANGGAR GENTA BUANA LARAS
DOI:
https://doi.org/10.4321/as.v2i2.942Keywords:
karawitan, budi pekerti, pendidikan karakterAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran karawitan sebagai media pendidikan budi pekerti dan pengembangan karakter di Sanggar Gentha Buana Laras. Karawitan sebagai seni musik tradisional Indonesia memiliki potensi besar untuk membentuk individu yang tidak hanya mahir dalam aspek musikal, tetapi juga memiliki integritas moral dan karakter yang kuat. Pada pelatihan ini juga diharapkan peserta tidak hanya memperkaya keterampilan musikal akan tetapi juga agar bisa membentuk individu yang memilikipelatihan karawitan karakter kuat, disiplin dan tanggung jawab. Dengan demikian, pelatihan karawitan di Sanggar Gentha Buana Laras bukan sekedar pembelajaran seni tetapi juga sebuah perjalanan pembentukan generasi muda yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.
Kata kunci: karawitan, budi pekerti, pendidikan karakter
Downloads
References
bdullah, M. (2020). Manajemen Pendidikan Kontemporer: Konstruksi Pendekatan Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. CV Cendekia Press.
Aryanti, T., Supriyono, S., & Ishaq, I. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1–13.
Dewantara, I. P. M. (2012). Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIIE SMPN 5 Negara dan strategi guru untuk mengatasinya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(2).
Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan diri dalam peningkatan keterampilan komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 1–20.
Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.