TEKNOLOGI SEDERHANA PEMBUATAN BRIKET ARANG DARI DAUN JATI MENGGUNAKAN CETAKAN DARI LIMBAH RUMAH TANGGA

Briket Arang Daun Jati Kering Desa Bektiharjo Semanding, Tuban.

Authors

  • Hendra Purwanto Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban
  • Handaru Indrian Sasmito Adi
  • Ridaul Innayah
  • Henny Sri Astuty

DOI:

https://doi.org/10.4321/as.v2i2.946

Keywords:

Desa Bektiharjo, Daun Jati, Briket Arang, Teknologi sederhana, Kapasistas Ekonomi, Desa Bektiharjo, daun jati, briket arang, teknologi sederhana, kapasitas ekonomi

Abstract

Abstrak

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pengolahan limbah daun jati menjadi briket arang dengan memanfaatkan teknologi ramah lingkungan berupa cetakan dari limbah rumah tangga dalam bentuk pipa paralon. Manfaat kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, membuat para warga dapat melakukan pengolahan limbah daun jati menjadi briket arang dengan menggunakan alat yang sederhana yang bisa kita dapatkan dalam rumah tangga, selain itu warga juga berperan dalam menanggulangi limbah daun jati di desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Metode dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini meliputi observasi awal, koordinasi dengan mitra (Kepala Desa Bektiharjo), persiapan dan pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi kegiatan pengabdian. Hasil yang capai dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu peserta sangat antusia, paham dan bisa cara membuat briket dari daun jati, selain itu warga juga diajarkan bagaimana cara membuat alat cetak briket secara sederhana dengan memanfaatkan limbah rumah tangga berupa pipa paralon. Kesimpulan yang dapat diambil dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu Dengan adanya Pelatihan Pemanfaatan Daun Jati Kering menjadi Briket Arang dengan Menggunakan Teknologi Alat Cetak Limbah Rumah Tangga di Desa Bektiharjo menjadi solusi dari pembuangan limbah yang menumpuk dan bisa menjadi peluang usaha yang mana bisa menambah pendapatan keluarga.

Kata Kunci: Desa Bektiharjo, daun jati, briket arang, teknologi  sederhana, kapasitas ekonomi

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Innayah, R., Aeni, C., Unwanullah, A., Adi, H. I. S., Purwanto, H., & Astuti, H. S. (2022). PELUANG KETERAMPILAN MENJAHIT MENUJU KEBANGKITAN EKONOMI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 661-666.

Kalsum, U. (2016). Pembuatan briket arang dari campuran limbah tongkol jagung, kulit durian dan serbuk gergaji menggunakan perekat tapioka. Jurnal Distilasi, 1(1), 41-50.

Kholiq, I. (2015). Analisis pemanfaatan sumber daya energi alternatif sebagai energi terbarukan untuk mendukung subtitusi BBM. Jurnal Iptek, 19(2), 75-91.

Murdiniyati, A. D., Kalista, A., Maulana, D., Refian, W., & Maulana, D. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN JAMUR DARI BONGGOL JAGUNG DI DESA WUKIRHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN. Jurnal AbdiSembrani, 1(1), 1-9.

Rohmah, K. T. (2016). PEMANFAATAN ALOKASI DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNANINFRASTRUKTUR DI DESA BEKTIHARJO KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN. Publika, 4(7).

Selayang padang Kabupaten Tuban. 2020. https://tubankab.go.id/page/geografi

Sucipto, N. R., & Sutarto, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Miskin untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Melalui Kursus Menjahit di LKP Elisa Tegal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2).

Tim Nasional Pengembangan BBN (Indonesia). (2008). BBN, bahan bakar nabati: bahan bakar alternatif dari tumbuhan sebagai pengganti minyak bumi dan gas. Niaga Swadaya.

Downloads

Published

31-08-2024

How to Cite

Hendra Purwanto, Adi, H. I. S., Innayah, R., & Astuty, H. S. (2024). TEKNOLOGI SEDERHANA PEMBUATAN BRIKET ARANG DARI DAUN JATI MENGGUNAKAN CETAKAN DARI LIMBAH RUMAH TANGGA: Briket Arang Daun Jati Kering Desa Bektiharjo Semanding, Tuban. Jurnal Abdisembrani, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.4321/as.v2i2.946