PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DENGAN MEMBANGUN KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA
DOI:
https://doi.org/10.4321/as.v2i2.982Keywords:
Pembentukan Karakter, Karakter Anak, Kerjasama, Guru dan Orang TuaAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan masa sensitif dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam diri anak. Salah satu yang penting untuk dikembangkan adalah karakter anak. Sudah sering ditemui bahwa saat ini karakter anak perlu dibentuk. pendidikan karakter dapat diartikan sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, dan juga pendidikan watak yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memberikan keputusan. Pembentukan karakter dapat dilakukan dengan baik apabila adanya kerjasama antara guru dan orang tua, sehingga pembiasaan yang dilakukan menjadi konsisten antara di sekolah dengan di rumah. Permasalahan yang terjadi di PAUD Tarbiyatul Athfal Desa Kesambi Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan adalah pandangan orang tua yang masih menganggap bahwa pendidikan dan pembentukan karakter anak merupakan tanggung jawab pihak sekolah saja. Padahal suatu Pendidikan akan lebih baik jika terdapat suatu kerjasama antara orang tua dan guru. Dari permasalahan tersebut, maka kami mengadakan kegiatan pengabdian Masyarakat bagi guru dan orang tua wali murid di PAUD Tarbiyatul Athfal Desa Kesambi Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. Kegiatan parenting ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan orang tua terkait peran dan pola asuh dalam keluarga untuk mendukung program sekolah dalam membentuk karakter anak. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Hasil dari kegiatan parenting tersebut adalah terbukanya pengetahuan baru bagi orang tau terkait pentingnya kerjasama antara orang tua dan guru dalam membentuk karakter anak.
Downloads
References
Adriana, N. G., & Zirmansyah, Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 40–51.
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70–84.
Chairunnisa, C. (n.d.). Istaryatiningtias, & Tumanggung, A.(2020). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29.
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Irmalia, S. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 5(1), 31–37.
Ismail, Y. B. (n.d.). Tini.(2018). Parental Involvement in Fostering the Character of Children’s Discipline at Elementary School. Jurnal Pendidikan Progresif, 8(2).
Lickona, T. (2014). My 45-year journey as a moral and character educator: Some of what I think I’ve learned. An Invited Lecture at the Jubilee Centre for Character and Virtues, June, 25.
Prasetiawan, H. (2016). Peran bimbingan dan konseling dalam pendidikan ramah anak terhadap pembentukan karakter sejak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 50–60.
Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, P. B. (2020). Pengaruh Parenting Style dan Personality Genetic terhadap Pengembangan Pedidikan Karakter Anak di PAUD Islamic School. QUALITY, 8(1), 51–67.
Rachmawati, D. (2019). Welcoming gen Z in job world (Selamat datang generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 21–24.
Sari, S. Y. (2019). Eksistensi keluarga dalam pembentukan karakter anak usia dini. Primary Education Journal (Pej), 3(1).
Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran keluarga sangat penting dalam pendidikan mental, karakter anak serta budi pekerti anak. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(1), 46–54.