METODE PIECES FRAMEWORK UNTUK MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

Authors

  • Abdul Mu'is Universitas YPPI Rembang
  • Salma Agustina Universitas YPPI Rembang
  • A. Aviv Mahmudi Universitas YPPI Rembang

Keywords:

Sistem informasi, Sistem informasi Perpustakaan, PIECES

Abstract

Sebuah perpustakaan perlu memanfaatkan sistem informasi, dikarenakan dengan memanfaatkan sistem informasi tersebut dapat membantu dalam kegiatan operasional dalam sehari-hari. Sistem informasi sendiri terdapat komponen-komponen yang saling terkoneksi satu sama lain yang bertujuan untuk meraih cita-cita atau keinginan bersama. Sistem informasi perpustakaan bertujuan untuk mempermudah dalam hal pencatatan, pemantauan, dan juga bisa penyimpanan data-data yang terdapat pada perpustakaan yang dikelola. Menilai hasil sistem berkerja dengan baik atau tidaknya perlu dilakukan analisis, dalam menganalisis sistem perlu dilakukan untuk tujuan dapat melihat berbagai kriteria permasalahan-permasalahan yang di alami sistem tersebut. Untuk menganalisa sistem perlu menggunakan prosedur atau metode tertentu untuk membantu menyelesaikan tahapan analisis. Dengan menggunakan metode PIECES ini bisa menjadi referensi untuk menganalisa, dan menilai seberapa besar dampak dari sistem yang sudah dibuat. PIECES hasil yang diteliti menujukan sistem informasi perpustakaan memiliki kriteria  PIECES Performance = 3,8, Information & Data = 4,3, Economic = 4,3 Control = 2,9 Efficiency = 3,5 Service =3,63. Yang jika disimpulkan sistem informasi perpustakaan di Universitas YPPI Rembang dapat dikategorikan hasil tingkat kepuasan pengguna menunjukan SETUJU.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Fajar, F., Eka Prasetya, A., & Prasetya, I. (2024). Analisis Kepuasan Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Yppi Rembang Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 7(1), 86–96. https://doi.org/10.57093/jisti.v7i1.187

Gustika, A., Najib, M., Satria, D., & Fadly, M. (2021). Sistem Customer Relationship Management Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Dealer Yamaha Yukum Jaya). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 68–73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSANe No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Haryanto, Wulandari, S. A., Jelita, V. A., & Riyani, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Pada Klinik Citra Aulia. Universitas Raharja, 10(1), 2. http://jurnal.stmik.banisaleh.ac.id/index.php/JIST/article/view/113

Hasibuan, M. S., & Ferianto, A. (2023). Analysis of Lampung Provincial Social Service website using PIECES framework. 15(1), 53–59.

Junaedi, N. (2018). Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces. RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 1(2), 59. https://doi.org/10.25273/research.v1i02.3364

Pangri, M., Sunardi, S., & Umar, R. (2021). Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong. 8(1), 63–72.

Rizky, D., Septiani, N., & Tinton, B. (2022). KIMCHI: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Korea Berbasis Android dengan Fitur Latihan Menulis HANGUL. Jurnal Ilmiah Komputasi, 21(1), 73–81. https://doi.org/10.32409/jikstik.21.1.2897

Siswa, P., & Geografi, P. (2024). p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920. 5(6), 202–212.

Suhaerah, Saleh, N., & Ibrahim, A. (2022). the Analysis of Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service (Pieces) in-Library Management Information Systems Postgraduate Uin Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 10(1), 89–103. https://doi.org/10.24252/jdi.v10i1.29100

Supriyatna, A. (2015). Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52.

Tuflasa, B. E., Jimmy, J., Tambotoh, C., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). MENGGUNAKAN METODE PIECES. 5.

Yudhana, A., Herman, H., Suwanti, S., & ... (2023). Evaluating The Application of Library Information System Technology using The PIECES Method in Remote Areas. ILKOM Jurnal …, 15(2), 250–261. https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/1539

Additional Files

Published

2024-07-31

How to Cite

Mu'is, A., Agustina, S., & Mahmudi, A. A. (2024). METODE PIECES FRAMEWORK UNTUK MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Curtina , 5(1), 46–55. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/curtina/article/view/1313

Issue

Section

Articles