Tentang Jurnal Ini

Fokus dan Ruang Lingkup
Kebijakan
Frekuensi Publikasi
Perizinan, Pengarsipan, dan Pengindeksan
Pemberitahuan Hak Cipta
Pernyataan Privasi
Biaya Publikasi
Pemeriksa Plagiarisme
Sejarah

Fokus dan Ruang Lingkup
Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian atau kajian analisis di bidang pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Ruang Lingkup meliputi:
1. Studi Pendidikan dan Pembelajaran pada Pendidikan Dasar (a. Ilmu Pengetahuan Alam; b. Ilmu Pengetahuan Sosial; c.Matematika; d. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan; e. Bahasa Indonesia; f. Seni Budaya dan Prakarya; g.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan)
2. Kurikulum
3. Penilaian (Assesment) dan Evaluasi
4. Teknologi pendidikan
5. Perkembangan anak
6. Manajemen dan supervisi
7. Media Pembelajaran

Kebijakan
#Proses Reviewer
Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses proses double blind review yang diserahkan kepada reviewer. Identitas penulis tidak akan diketahui reviewer dan sebaliknya. Reviewer akan mempertimbangkan kelayakan artikel dilihat dari kesesuaian judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan. Reviewer juga akan melihat originalitas dan kualitas referensi dari setiap artikel yang akan dipublikasikan. Setelah ditinjau, akan ada empat jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer:
1. Terima Pengajuan: Naskah akan diterima tanpa revisi.
2. Revisi Diperlukan: Naskah akan diterima setelah dilakukan perubahan kecil.
3. Kirim Ulang untuk Ditinjau: Pengajuan perlu diperbaiki kembali, namun dengan perubahan yang signifikan, pengajuan dapat diterima. Namun, hal ini akan memerlukan peninjauan ulang.
4. Menolak Pengajuan: Naskah tidak akan dipublikasikan dalam jurnal
#Revisi Artikel
Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk direvisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel yang telah direvisi dapat dikirim ke redaksi melalui Antarmuka Pengiriman Online.
#Kebijakan Bagian
Artikel yang telah diterbitkan Artikel yang diterbitkan bersifat terbuka untuk umum, terindeks dan telah di-Peer review

Frekuensi Publikasi
Jurnal ini terbit 2 kali setahun (Desember dan Juli).

Perizinan, Pengarsipan, dan Pengindeksan
#Perizinan
Jurnal ini mengizinkan penggunaan ulang dan penggabungan kontennya, sesuai dengan lisensi CC BY NC SA. Lisensi ini mengizinkan orang lain untuk meramu ulang, mengubah, dan mengembangkan karya Anda secara non-komersial, selama mereka mencantumkan nama Anda dan melisensikan kreasi baru mereka di bawah ketentuan yang sama.
#Pengarsipan
Publikasi ini diarsipkan di Indonesia One Search National Library of Indonesia dan  Garba Rujukan Digital 
#Terindeks:
DOAJ | EBSCO | CrossRef | Sinta (Science and Technology Index) Google Scholar | Moraref
Indonesia One Search | Garba Rujukan Digital (GARUDA) | PKP INDEX | Dimensions | BASE

Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut: Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.

Pernyataan Privasi
Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.

Biaya Publikasi
Semua artikel yang diterbitkan di ELENOR: Elementary School Journal adalah akses terbuka dan tersedia gratis online, segera setelah dipublikasikan. Penulis TIDAK DIWAJIBKAN untuk membayar pengiriman artikel : 0,00 (IDR). Tetapi hanya untuk naskah yang diterima akan diminta untuk membayar Biaya Pemrosesan/Penerbitan Artikel. Biaya Pemrosesan/Penerbitan Artikel: 200000,00 (IDR). Pembiayaan tersebut meliputi:
1. Pendaftaran DOI untuk setiap artikel. 
2. Biaya untuk proses editorial dan proses review.
3. Pemrosesan naskah, proofreading, copy editing.
4. Hasil Pemeriksaan Kesamaan (di akhir proses peer review artikel).
5. Ongkos Kirim (Indonesia).

Pemeriksa Plagiarisme
Kami menerima semua syarat dan kebijakan COPE  tentang plagiarisme dan jika ada upaya penjiplakan yang diketahui oleh kami disertai dengan bukti-bukti yang meyakinkan, kami akan bertindak berdasarkan diagram proses dan alur kerja yang telah ditetapkan dalam COPE . Semua naskah akan diperiksa dengan TURNITIN: naskah baru dan setelah diterima oleh dewan redaksi.

Sejarah
ELENOR: Elementary School Journal pertama kali diterbitkan pada tahun 2022. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun (Desember dan Juli). Ruang lingkup jurnal ini adalah di bidang pembelajaran dan pengajaran khususnya pendidikan dasar (lihat fokus & ruang lingkup) dan versi daringnya tersedia di http://journal.unirow.ac.id/index.php/elenor/index .