PENERAPAN MEDIA OPPET (AMPLOP PETUALANG) ASEAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS VI SD NEGERI KEDUNGPRIMPEN

Penulis

  • Mega Puspita Sari SDN Kedungprimpen

Abstrak

Abstrak: Kemampuan literasi adalah kemampuan yang bukan hanya dibatasi menulis dan membaca. Kemampuan literasi adalah kemampuan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh siswa sekolah dasar untuk mempersiapkan diri dalam persaingan dimasa depan karena adanya tuntutan keterampilan yang tinggi di abad 21. Selama ini pembelajaran IPS dinilai pembelajaran yang sulit, tidak menarik, sehingga mempengaruhi kemampuan literasi yang dimiliki siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kedungprimpen, Bojonegoro, Jawa Timur, khususnya pada kelas IV mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan literasi terscermin pada ketuntasan hasil belajar yang diperoleh, yaitu  sebesar 50% ketuntasan klasikal pada pra siklus, 72,22% ketuntasan klasikal pada siklus I, dan 100% ketuntasan klasikal pada siklus II. Hasil ini telah mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebelumnya yaitu minimal 80% ketuntasan klasikal. penerapan media OPPET (amplop petualang) ASEAN dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas VI SD Negeri Kedungprimpen

Kata Kunci: kemampuan literasi, sekolah dasar, media pembelajaran, amplop petualang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Fatayan, “Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Literasi Siswa pada Pembelajaran IPS,” EDUCENTER : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, vol. 1, pp. 47–57, 2022.

D. G. S. Harahap, F. Nasution, E. S. Nst, and S. A. Sormin, “Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2089–2098, Feb. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2400.

Z. Hijjayati, M. Makki, and I. Oktaviyanti, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 3b, pp. 1435–1443, Aug. 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3b.774.

L. Fikriyah, F. Niam, and A. Saifudin, “Manajemen Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbasis Gambar pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 4 SD Islam Kota Blitar,” Patria Educational Journal, vol. 2, no. 1, pp. 21–28, 2022, doi: 10.28926/pej.v1i2.

M. D. Widyaningrum and N. Harjono, “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), vol. 02, no. 02, pp. 57–60, 2019, [Online]. Available: http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

N. Kusumawati and M. D. Nursafitri, “Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Pada Kelas SDN Bongsopotro, pada kelas VI SDN Bongsopotro 01,” Al-Madrasah: Jurnal Ilmuah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 2, pp. 456–467, 2022.

A. J. Mahardhani, H. J. Prayitno, M. Huda, E. Fauziati, N. Aisah, and A. D. Prasetiyo, “Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan (11-22) Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan,” vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.23917/bkkndik.v3i1.14664.

Hilmi, “Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Lantanida Journal, vol. 4, no. 2, 2016.

Supriyono, “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD,” Edustream, vol. 2, no. 1, pp. 43–48, 2018.

I. D. Cahyani, L. Nulhakim, and R. Yuliana, “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD,” Mimbar PGSD UNDIKSHA, vol. 9, no. 2, pp. 337–343, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

F. N. Yasin, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR,” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 2827–8437, 2022.

Y. Miaz, “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-an,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, pp. 7–14, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-21

Terbitan

Bagian

Articles