PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 2 JAAR

Penulis

  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Noniati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Jaar Kec. Dusun Timur, Kab. Barito Timur. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI  SD Semester 1 Tahun 2023/2024 dengan jumlah 11 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning berbantukan Media audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Di SDN 2 Jaar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 2 Jaar. Pada pra siklus rata-rata peserta didik mencapai ketuntasan pada Pelajaran Matematika dengan 6 peserta didik mencapai presentase ketuntasan belajar sebesar 55%. Sedangkan setelah siklus I dan II rata-rata peserta didik mengalami kenaikan ketuntasan Pelajaran Matematika dengan peserta didik mencapai ketuntasan belajar sebesar 73 % pada Siklus I dan 91% pada siklus II. Dari data di atas diketahui bahwa nilai rata-rata siswa sudah meningkat dari pra siklus 80,5 menjadi 81 dan 88,6 pada siklus I dan II secara berturut-turut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95-101.

Kustandi, Cecep, & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novianti A, Bentri A, Ahmad Zikri. 2020. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2020;4 No.1:194–202.

Nurfadhillah, Septy dkk. 2021. Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 3 No. 1 April 2021; 149 -165.

Nurkhasanah D, Wahyudi EI. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Jurnal Satya Widya. 2019 Vol. 35

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika melalui Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Rahmawati , A., & Hizqiyah , I. N. (2017, Juni). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Defisiensi Nutrisi Tumbuhan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasundan. J. Bio & Pend.Bio, 2, No.1, 21-25

Zakiyah, S., Suryandari, K. C., & Wahyudi. (2017). Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA Tentang Gaya Siswa kelas V SD Negeri 1 Gebangsari Tahun ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia, 5, No.3, 231-237

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles