PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/elenor.v2i2.1076Kata Kunci:
Media pembelajaran, 4D, websiteAbstrak
Pengembangan media pembelajaran berupa website yang akan dipergunakan oleh peserta didik kelas empat sekolah dasar pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D dari Thiagarajan dengan 4 tahap yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap uji coba (dessiminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai 3 tahapan yakni pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar hasil validasi dan lembar hasil wawancara. Media website atau media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti ini sudah dinyatakan layak untuk dipergunakan oleh para validator baik media maupun materinya. Persentase yang didapatkan peneliti dalam hasil validasi ahli media sebesar 73% atau dalam kriteria tersebut dinyatakan layak dikembangkan oleh peneliti. Hasil persentase yang didapatkan peneliti pada validasi ahli materi sebesar 88% yang mana hasil tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak untuk dikembangkan pada penelitian ini
Unduhan
Referensi
Lailatul, N., Sekolah, J., Ilmu, T., Nahdlatul, T., Al, U., & Mojokerto, H. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(1).
Safitri, E., & Cacik, S. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. In Elementary school journal (Vol. 2, Issue 1).
Noviyanti, M., Dwi, A., Utami, W., Murni, A. W., Nahdlatul, U., Sidoarjo, U., Monginsidi, J., Kav, D., & Dpr Sidoklumpuk, S. (n.d.). Program “Guru Siap Berdaring” Guru-Guru MI Wonokalang Sidoarjo Dalam Menghadapi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.
Lestyowati, A. H., & Sumadi, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRUK OLENG TIGA DIMENSI MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. In Elementary school journal (Vol. 2, Issue 1).
Melanda, D., Surahman, A., Yulianti, T., Penulis, N., Dinda, K. :, & Submitted, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Kelas IV Berbasis Web (Studi Kasus : SDN 02 Sumberejo). 4(1), 28–33. https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2435
Annisa, N., Sugiarti, Y., & Nuramalia Handayani, M. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI SORTASI DAN GRADING Development of Website-Based Learning Media on Sorting and Grading Material. http://ejournal.upi.edu/index.php/edufortechEDUFORTECH6
Setyadi, D., & Qohar, D. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5964