PENGEMBANGAN MINIATUR LABUFER (STRUKTUR LAPISAN BUMI DAN ATMOSFER) BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN JAMBANGAN
DOI:
https://doi.org/10.55719/elenor.v3i1.1340Kata Kunci:
Media, Miniatur Labufer, IPAS, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan serta tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian bertujuan mengembangkan produk miniatur Labufer (struktuk lapisan bumi dan atmosfer) berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jambangan. Pengembangan produk dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru dan siswa, serta lembar tes evaluasi siswa. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa Miniatur Labufer (Struktuk Lapisan Bumi dan Atmosfer) Berbasis Audio Visual yang dikembangkan sangat valid dengan persentase 94,5% dari ahli materi, 94,7% dari ahli media, dan 80% dari ahli bahasa. Uji kepraktisan oleh guru menunjukkan persentase 87,2% yang dinyatakan praktis dan oleh siswa menunjukkan presentase 98% yang dinyatakan sangat praktis. Sedangkan uji keefektifan memperoleh persentase 87,5% yang dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, media Miniatur Labufer (Struktuk Lapisan Bumi dan Atmosfer) Berbasis Audio Visual yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci:
Media, Miniatur Labufer, IPAS, Hasil Belajar
Unduhan
Referensi
N. 20. 200. UU, sisten pendidikan nasional, “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun2003 Sistem Pendidikan Nasional,” vol. 4, p. 4, 2003.
J. B. Manalu, P. Sitohang, N. Heriwati, and H. Turnip, “Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar,” Mahesa Cent. Res., vol. 1, no. 1, p. 81, 2022, doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.
Kemendikbud, “Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ( IPAS ) CP,” 2022, p. 4.
T. Halawa, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR,” vol. 3, no. 1, p. 45, 2022.
W. Wiratsiwi, “Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 5, no. 1, p. 135, 2019, doi: 10.29407/jpdn.v5i1.13084.
Zalifah, “Pengembangan Media Miniatur Transportasi,” 2021.
Q. Nishfatul, “Penerapan Media miniature 3d Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIIIA MTs Almaarif 02 Singosari Malang,” UIN Malang, 2016.
Sari, I. Helsy, R. Aisyah, and F. S. Irwansyah, Modul MEDIA PEMBELAJARAN. 2019.
Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D, 2019th ed. Bandung: Alfabeta,cv, 2019.
M. Marisa, “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ di Era Society 5.0,” Santhet (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), vol. 5, no. 1, p. 12, 2021, doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
F. Hidayat and M. Nizar, “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Inov. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, p. 29, 2021, doi: 10.15575/jipai.v1i1.11042.
P. Aprillianti and W. Wiratsiwi, “Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masayarakat, vol. 6, no. 1, p. 83, 2021, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM