PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PUBERTAS KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/elenor.v3i1.1345Kata Kunci:
Hasil belajar, Scrapbook digital, IPAAbstrak
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media scrapbook digital pada mata pelajaran IPA materi pubertas meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid, pratis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar angket respon guru dan siswa, dan lembar soal. Berdasarkan uji validasi media scrapbook digital diperoleh rata-rata hasil dari 3 validator yaitu 85% (sangat valid), dengan validator ahli materi 78%, validator ahli media 96,92% dan validator ahli Bahasa 80%. Dan lembar angket respon guru dan siswa sebagai uji kepraktisan diperoleh hasil angket respon guru 85,71% (sangat praktis) dan hasil angket respon siswa 92% (sangat praktis). Dan hasil tes siswa sebagai uji keefektifan mendapatkan nilai 90,9% (sangat efektif). Berdasarkan data tersubut menunjukan bahwa media scrapbook digital valid, efektif dan praktis.
Unduhan
Referensi
Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 129.
Aini, N. (n.d.). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Guru Mata Pelajaran. 161–181.
Wahyu, I. G., Antara, S., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook : Konstruksi Media Pembelajaran Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills. 10(1), 11–20.
Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246–1256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529
Noer, S. F., Hakim, Z. R., & Setiawan, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Scrapbook Berbasis Canva Pada Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 168–182. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4198
Riza, F. Y., Antosa, Z., & Witri, G. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 21. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112327
Riza, F. Y., Antosa, Z., & Witri, G. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 21. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112327
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549