PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR “ MYSTERY BOX READ ” BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS SISWA DI SDN BEKTIHARJO VI DI KELAS 1

Penulis

  • Ervarisma Nur Aqqidahtul Izzah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ina Agustin PGSD Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/elenor.v3i1.1353

Kata Kunci:

Berbasis karakter meningkatkan baca tulis, media “ Mystery Box Read ”, penelitian dan pengembangan.

Abstrak

Capaian dalam pengembangan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media, tingkat kevalidan, kepraktisan media, keefektifan media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and Development (R&D). Model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahapan pada model ADDIE antara lain : 1) analye ( analisis ), 2) design ( perencanaan ), 3) development ( pengembangan ), 4) implementation ( implementasi ), 5) evaluate ( evaluasi ). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli. Subjek uji coba media “ Mystery Box Read ” berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan baca tulis yaitu : ahli validasi 1) ahli materi, 2) ahli media, 3) ahli bahasa, 4) guru, 5) siswa yang di lakukan di SDN BEKTIHARJO VI dengan jumlah siswa 10 di khususkan pada kelas 1 pembelajaran bahasa indonesia. Hasil yang di peroleh peneliti untuk mengetahui tingkat kevalidan media mendapatkan hasil sangat valid dari 3 penilaian validator. Tingkat kepraktisan di peroleh dari angket respon guru dan siswa memperoleh hasil sangat praktis. Untuk mengetahui tingkat keefektifan siswa melalui lembar tes siswa berupa pre-test dan post-test dengan hasil 9, 48% di hitung menggunakan rumus wardhana et al mendapat kategori sangat efektif. Sehingga media “ Mystery Box Read ” berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan baca tulis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angko, N., & Mustaji, N. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDS MAWAR SHARON SURABAYA. Jurnal Kwangsan, 1(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i1.1

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Keislaman, K. (2022). The Concept of Research in Education. Routledge Library Editions: Philosophy of Education: 21 Volume Set, 21(1989), 137–153. https://doi.org/10.4324/9780367352035-10

Mahendra, E. R. dkk. (2021). Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Education …, 9(1), 279–284. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375

Mikraj, A. L., & Kunci, K. (2024). Al mikraj. Jurnal, 4(2).

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal, 03, 171–187.

Pujiono, S. (2019). Konsep Dasar Menulis. Journal of Human Development, 6(1), 1–22. http://www.keepeek.com/Digital-Asset-Management/oecd/development/the-world-economy_9789264022621-en#.WQjA_1Xyu70%23page3%0Ahttp://www.sciencemag.org/cgi/doi/10.1126/science.1191273%0Ahttps://greatergood.berkeley.edu/images/application_uploads/Diener-Subje

Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303

Ramadhani, F., Sulfasyah, S., & Latief, S. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Mistery Box terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD di Kabupaten Gow. Journal on Education, 6(2), 12660–12671. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5123

Samsiyah, N. (2016). pembelajaran bahasa indonesia di sd kelas tinggi. book.

Trisari, M. N., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., & Surabaya, U. N. (2021). Pengembangan Media Kotak Misteri Dalam Pembelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Abstrak. 890–902.

Wardhana, S. O., Nabilah, S., Dewitasari, A. P., & Hidayah, R. (2022). E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS NATURE OF SCIENCE ( NoS ) PERKEMBAGAN TEORI ATOM GUNA MENINGKATKAN LEVEL KOGNITIF LITERASI SAINS PESERTA DIDIK Singgih Oka Wardhana, Shabrina Nabilah, Annisa Putria Dewitasari, Rusly Hidayah. 11(1), 34–43.

Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100–5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-25

Terbitan

Bagian

Articles