PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SDN 1 SENDANGMULYO
DOI:
https://doi.org/10.55719/elenor.v3i1.1354Kata Kunci:
E-Modul, Microsoft Sway, Hasil BelajarAbstrak
Bahan ajar berbasis teknologi dapat menarik minat dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukn dengan tujuan untuk mengembangkan produk e-modul menggunakan microsoft sway untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian pada guru dan siswa kelas 5 SDN 1 Sendangmulyo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, validasi para ahli, angket, dan tes. Hasil validasi ahli media adalah 96%, sedangkan hasil validasi ahli materi adalah 96%. Jika mengacu pada tabel kriteria validasi maka e-modul ini dinyatakan valid. Hasil angket respon guru adalah 100% sedangkan angket siswa adalah 96,6% maka berdasarkan tabel analisis kepraktisan, e-modul ini dinyatakan sangat praktis. Hasil uji coba yang dilakukan pada siswa kelas 5 SDN 1 Sendangmulyo adalah sangat efektif, karena persentase siswa yang mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) adalah 93%. Apabila mengacu pada tabel kriteria tingkat keefektifan,maka e-modul ini bersifat efektif.
Unduhan
Referensi
M. Tahir, “Pengembangan modul pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terintegrasi islam pada madrasah aliyah swasta di kota batam.",” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59621
M. Markamah dan E. P. Nugraheni, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Sway Mupel Seni Rupa Materi Menggambar Ilustrasi Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Seni Seni Budaya, vol. 7, no. 1, hal. 64–72, 2022, doi: 10.31851/sitakara.v7i1.7468.
W. Ramadhan, R. Meisya, R. Jannah, dan K. Z. Putro, “E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar, vol. 11, no. 2, hal. 178–195, 2023, doi: 10.22219/jp2sd.v11i2.27262.
D. E. Malla Avila, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website (Microsoft Sway) Untuk Siswa Kelas IV Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya,” Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2022.
A. Cahyadi, Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia, 2019.
S. M. Naimah dan W. Wirastiwi, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Bangun Datar Untuk …,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, hal. 606–612, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.ummat.ac.id/3634/1/COVER-BAB III.pdf
S. Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta, 2019.
S. Perwitasari, dun Akbar, dan S. Perwitasari Pendidikan Dasar, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual,” J. Pendidik., vol. 3, no. 3, hal. 278–285, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
F. Rahmi, Iltavia, dan R. H. Zarista, “Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 3, hal. 2869–2877, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i3.673.