PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BATURNO

Penulis

  • Nur Aulia Agustina Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/elenor.v3i1.1392

Kata Kunci:

Hasil belajar, augmented reality

Abstrak

Permasalahan pada kelas V SDN Baturno ialah prestasi tingkat pencapaian akademik siswa rendah, terutama dalam mata pelajaran Matematika. Faktor utamanya ialah kurangnya penggunaan media pembelajaran inovatif, dengan mengembangkan media augmented reality diharapkan dapat mengatasi masalah ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini menjelaskan proses pengembangan, serta mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari media augmented reality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta menilail tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas media augmented reality. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang mengacu dari Robert Maribe Branch. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh presentase sebesar  95,45% maka dari itu media augmented reality yang dikembangkan dalam kriteria sangat valid untuk digunakan.  Validasi ahli media mendapatkan presentase skor sebanyak 97,72% dinyatakan bahwa media augmented reality termasuk dalam kategori sangat valid untuk dikembangkan.  Tingkat keefektifan diukur dengan lembar tes yang didapati dari 12 siswa terdapat 10 siswa yang tuntas. Hasil belajar siswa mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan pada saat ulangan harian yang hanya terdapat 1 saja yang tuntas KKTP. Dapat disimpulkan bahwa media augmented reality sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Yandi, A. Putri, and Y. Putri, “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review),” J. Pendidik. Siber Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 13–24, 2023, doi: 10.38035/jpsn.v1i1.14.

N. A. Rohman, Syaifudin, “Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing di SMA Negeri 14 Palembang,” J. Penelit. Pendidik. Mat., vol. 5, pp. 165–173, 2021.

I. R. Khaesarani and E. K. Hasibuan, “Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa,” Wahana Mat. dan Sains, vol. 15, no. 3, pp. 37–49, 2021.

E. N. Qorimah, W. C. Laksono, Y. M. Hidayati, and A. Desstya, “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Rantai Makanan,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 57–63, 2022, doi: 10.23887/jp2.v5i1.46290.

Rachmawati, R. Wijayanti, and A. P. Anugraini, “Pengembangan eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan penguatan karakter pada materi bangun ruang sekolah dasar,” vol. 9, no. 2, 2020.

M. A. Ibrahim, M. L. Y. Fauzan, P. Raihan, S. N. Nurhadi, U. Setiawan, and Y. N. Destiyani, “Jenis Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran,” Al-MirahJurnal Pendiidikan Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2022, [Online]. Available: http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

R. I. Aghni, “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 16, no. 1, 2018, doi: 10.21831/jpai.v16i1.20173.

E. F. Fahyuni and I. Fauji, “Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 17–26, 2017, doi: 10.21070/halaqa.v1i1.817.

M. D. Siagian, “Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika,” MES J. Mat. Educ. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 58–67, 2016.

D. N. Rohmah, “Hubungan Antara Motivasi dan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Al Amien Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadist,” pp. 1–46, 2020.

H. Rosida, S. Rahmawati, U. Zuhdi, and Riani, “Pengemabangan Media Ular Tangga Untuk Melatih Kemampuan Literasi Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” vol. 09, 2024.

S. Arikunto, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, 2nd ed. PT. Bumi Aksara, 2012.

I. P. Sari, I. H. Batubara, A. H. Hazidar, and M. Basri, “Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 209–215, 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i4.142.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-29

Terbitan

Bagian

Articles