UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SISWA MENGGUNAKAN METODE PJBL

Penulis

  • Adinda Taliyasalsabila STKIP PGRI SUMENEP
  • Fahrur Rosy STKIP PGRI SUMENEP
  • Achmad Mujahid Afifuddin STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.55719/elenor.v3i1.1540

Kata Kunci:

Kreativitas dan Keterampilan Siswa, Metode PJBL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa menggunakan metode PJBL. Penelitian dilakukan di SDN Tanamera 1 Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode PJBL meningkatkan siswa dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan mereka dalam mengerjakan tugas proyek, metode ini juga dapat membuat siswa terlibat aktif dalam membuat proyek. Metode ini dapat membantu siswa untuk mengeksplor ide-ide kreatif dan berkolaborasi dengan teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PJBL efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa, Dengan nilai rata-rata 80 ke atas siswa berhasil mengeksplor ide-ide serta dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan mereka. Penerapan metode PJBL membuat siswa lebih aktif pada saat mambuat proyek. Dari penelitian ini bahwa metode PJBL dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampian siswa di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 6672.

Andersen, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds. ). (2001). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Longman. New York: Longman.

Bara, F. (2018). (2018). Kreativitas: Konsep dan pengembangan., 35-46. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 35–46.

Bloom, B. (1979). Taksonomi tujuan pendidikan: Klasifikasi tujuan pendidikan. Buku Pegangan II: Domain afektif. New York: Perusahaan David McKay.

Bloom, B. (Ed. ). (1956). Taksonomi tujuan pendidikan: Klasifikasi tujuan pendidikan. Buku Pegangan I: Domain kognitif. New York: Perusahaan David McKay.

Lickona, T. (n.d.). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Qodratillah, M. T. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Rahmawati, D., Suryadi, E., & Rosidin, U. (2021). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dalam Implementasi Kurikulum “Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Guru Dan Pengembangan Profesi, 4(1), 75 88.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. , 1-14. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(14), 1-14.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Zainuddin, Z. (2017). URGENSI PENANAMAN HAYAâ€TM PADA ANAK DI RUMAH. Reflektika, 12(2), 226–246.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-19

Terbitan

Bagian

Articles