VALIDASI E-BOOK BERWAWASAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Christanty Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

validasi, E-Book, pendidikan karakter, PPKN

Abstrak

Pada saat ini, pendidikan di Indonesia berpacu pada kurikulum 2013 yang mengutamakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengembangkan E-Book berwawasan karakter pada pembelajaran PPKN kelas VI sekolah dasar, dan secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan E-Book yang telah dikembangkan. Dengan adanya E-Book berwawasan karakter, diharapkan dapat membantu guru dalam mengintegrasikan nilai karakter pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Terdapat 5 tahap model ADDIE yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil uji validasi dengan para ahli mendapatkan kriteria “valid” dengan presentase skor yang diperoleh dari ahli materi 92% dan ahli media 97%. Dengan demikian, E-Book berwawasan karakter layak  dan valid digunakan sebagai bahan ajar PPKN Kelas VI Sekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. A. Apriliani, A. Maksum, P. A. Wardhani, S. Yuniar, and S. Setyowati, “Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 2, p. 129-145 ,2021.

E. Suratno and W. Wiratsiwi, “Kelayakan Modul IPS Berwawasan Pendidikan Karakter Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Kelas V Sekolah Dasar,” Educ. Hum. Dev. J., vol. 3, no. 2, pp. 143–148, 2018.

R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019.

M. Maulida, M. Wati, and S. An’nur, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013,” Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 1, p. 11, 2015.

I. Reynaldo, Pengembangan E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Materi Alat Optik Sma/Ma. 2020. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/10732/1/PUSAT 1-2.pdf.

T. Susilawati and Rusdinal, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah", Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 2, pp. 378–387, 2022.

N. Filivani, “Pengembangan E- Book Bermuatan Nilai-nilai Karakter Pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V SD Negeri 1 Pemecutan Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2020/2021,” Undiksa, vol.13 no.1, pp. 31–48, 2016.

D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 2013.

W. Wiratsiwi, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Materi Kecepatan Dan Debit", Pros. Semin. Nas. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 606–612, 2020.

Khoirudin, “Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X-Mipa untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” pp. 36–51, 2019. [Online]. Available : http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11570.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles