PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SD INKLUSI

Penulis

  • Yulia Prasetya Sugiarti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

media game interaktif, kearifan lokal, matematika, tunagrahita

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk mengembangkan game interaktif pada materi membilang untuk siswa tunagrahita ringan di SD Inklusi serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan game interaktif. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket respon guru, serta lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data observasi, data wawancara, analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Pada penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 97% (valid) dan ahli media 88% (valid). Hasil angket respon guru diperoleh dengan persentase 90% (sangat praktis). Dan hasil tes siswa menunjukkan kriteria sangat efektif digunakan dengan nilai ketuntasan individu 80% dan 90%. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru serta tes siswa menunjukkan bahwa game interaktif yang dikembangkan layak/valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. M. Ratmingsih, I. G. Budasi, and I. G. Batan, “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Ict Game Interaktif Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Buleleng,” Maj. Apl. Ipteks NGAYAH, vol. 10, no. 1, pp. 21–38, 2019.

L. Sari, R. A. Pratama, and B. I. Permatasari, “Media Pembelajaran Puzzle Angka dan Corong Angka (PANCORAN) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK),” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 11, no. 1, pp. 88–100, 2020.

A. T. Widiansyah, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2013.

R. A. Trisnawati, “Aplikasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Bilangan Untuk Anak Tunagrahita,” Universitas Negeri Semarang, 2019.

S. Purnama, “Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab),” LITERASI, vol. 4, no. 1, pp. 19–32, 2013.

F. Haryanti and B. A. Saputro, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga,” J. Pendidik. Mat., vol. I, no. 2, pp. 147–161, 2016.

I. A. Firdaus and Budiyonno, “Pengembangan Permainan Engklek Sewuan Untuk Pembelajaran Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 09, no. 08, pp. 3032–3043, 2021.

R. M. Khoirudin, “Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Materi Animalia Kelas X-Mipa Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2019.

Risna, E. Wijayanti, and S. D. Hutahaean, “Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Getaran dan Gelombang di Pembelajaran IPA SMP,” J. Pendidik. Sains, vol. 3, no. 2, pp. 20–27, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles