VALIDASI MEDIA PERMAINAN HOPSCOTH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Devi Ayu Mareta Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

validasi, media permainan hopscoth, pendidikan karakter

Abstrak

Di sekolah program pengembangan pendidikan karakter yang dikenal dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) masih pada tahap pengenalan-pengenalan karakter dan belum dipraktekkan secara baik. Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasikan media permainan hopscoth berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Dengan adanya media permainan hopscoth diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan dapat menanamkan nilai-nilai karakkter sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan penelitian pengembangan adalah model ADDIE  yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Produk yang dikembangkan yaitu media permainan hopscoth berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil perhitungan validasi media permainan hopscoth diperoleh 96% dari ahli materi dengan kategori “valid” dan 87% dari ahli media dengan kategori “valid”. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media permainan hopscoth layak dan valid digunakan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. P. Suwardani, “Quo Vadis” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. 2020.

V. G. Buana and S. U. Kasanah, “Model Pembelajaran Berbasis Permainan Engklek Dalam Upaya Pengembangan Karakter Sejak Usia Dini,” J. Ris. dan Konseptual, vol. 3, no. 4, pp. 495–502, 2018.

E. Suratno and W. Wiratsiwi, “Kelayakan Modul Ips Berwawasan Pendidikan Karakter Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Kelas V Sekolah Dasar,” Educ. Hum. Dev. J., vol. 3, no. 2, pp. 143–148, 2018.

B. F. Sari and Raihana, “Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 1–10, 2021.

I. A. Firdaus and Budiyonno, “Pengembangan Permainan Engklek Sewuan Untuk Pembelajaran Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 09, no. 08, pp. 3032–3043, 2021.

S. Purnama, “Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab),” LITERASI, vol. 4, no. 1, pp. 19–32, 2013.

D. R. Putra and M. A. Nugroho, “Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 14, no. 1, pp. 25–34, 2016.

R. M. KHOIRUDIN, “Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Materi Animalia Kelas X-Mipa Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles