PENGEMBANGAN MEDIA (PAKAPIN) PAPAN KANTONG PINTAR BERBASIS LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ahmad Sholeh Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Mega Puspita Sari SDN Kedungprimpen Bojonegoro
  • Gargarisna Diputra SMA N 2 Tuban

Kata Kunci:

Pakapin, Motivasi, Hasil Belajar

Abstrak

Perkembangan teknologi mnemiliki dampak negatif bagi motivasi dan hasil belajar siswa. Media Pakapin (Papan Kantong Pintar) berbasis literasi bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media Pakapin adalah model ADDIE yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate.Subjek penilitian pada kelas 4 sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 30 mei 2022. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah wawancara, observasi, tes, dan validasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil validasi media kepada validator ahli yaitu ahli media dan ahli materi untuk menentukan kelayakan media dan diperoleh hasil penilaian dari 2 validator dengan rata-rata skor yaitu 4,6 sehingga media dinyatakan layak. Hasil keefektifan siswa dinilai dari hasil penilaian motivasi dan lembar soal dengan sistem hitung akhir menggunakan teknik N-Gain skor memperoleh  hasil motivasi sebesar 0,9 dan hasil belajar siswa sebesar 0,79 sehingga media Pakapin dinyatakan efektif. Hasil kepraktisan yang dinilai oleh penilai memperoleh hasil sebesar 90 sehingga media Pakapin dinyatakan praktis. Dari hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Pakapin berbasis literasi dapat mempengaruhi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. R. S. Mitrakasih La Ode Onde, Hijrawatil Aswat, Fitriani B, “Jurnal basicedu,” J. basicedu, vol. 4, no. 6, pp. 268–279, 2020.

M. Akhir, M. Agus, and W. Sanytiara, “Pengaruh Penggunaan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia,” AUFKLARUNG J. Kaji. Bahasa, Sastra Indones. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2021.

I. M. Ngurah Suragangga, “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3, no. 2, p. 154, 2017, doi: 10.25078/jpm.v3i2.195.

E. I. Muawanah and A. Muhid, “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review,” J. Ilm. Bimbing. Konseling Undiksha, vol. 12, no. 1, pp. 90–98, 2021, doi: 10.23887/jjbk.v12i1.31311.

M. K. Nasution, “Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa,” Stud. Didakt. J. Ilm. Bid. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 9–16, 2017.

R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

R. Afandi, “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar,” JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 1, no. 1, p. 77, 2015, doi: 10.22219/jinop.v1i1.2450.

N. Khusnah, S. Sulasteri, S. Suharti, and F. Nur, “Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline,” J. Anal., vol. 6, no. 2, pp. 197–208, 2020, doi: 10.15575/ja.v6i2.9603.

E. Roliza, R. Ramadhona, and L. Rosmery, “Praktikalitas Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika,” J. Gantang, vol. 3, no. 1, pp. 41–45, 2018, doi: 10.31629/jg.v3i1.377.

M. A. Abdul Wahab, Junaedi, “Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1039–1045, 2021, [Online]. Available: https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31 — Diperbaharui pada 2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles