KEVALIDAN MEDIA PERMAINAN PAES-SLE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SD INKLUSI

Penulis

  • NISAA OKTIA SAPUTRI NISAA UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

Kevalidan, PAES-SLE, Anak Tunagrahita

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media permainan PAES-SLE (papan estafet susun puzzle) berbasis pendidikan karakter pada anak tunagrahita di SD Inklusi, serta untuk mengetahui kevalidan/kelayakan dari media permainan tersebut. Intrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah lembar pedoman wawancara dan observasi, lembar validasi ahli media dan ahli pendidikan karakter. Teknik analisis data yang digunakan adalah data wawancara, data observasi, dan data kevalidan. Berdasarkan uji validasi pengembangan media permainan ini yaitu valid/layak dengan presentase untuk ahli media adalah 96,67% dan ahli pendidikan karakter adalah 90%. Dan telah dilakukan revisi pada media permainan ini sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Data dari hasil validasi, menunjukkan bahwa pengembangan media permainan PAES-SLE (papan estafet susun puzzle) berbasis pendidikan karakter pada anak tunagrahita di SD Inklusi adalah valid/layak untuk digunakan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

V. H. Saputra and E. Febriyanto, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita,” … J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 15–23, 2019, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350.

F. N. Maulidiyah, “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan,” J. Pendidik., vol. 29, no. 2, pp. 93–100, 2020, doi: 10.32585/jp.v29i2.647.

Y. Harrtantio, F. Trisnawati, and T. Elektro, “Rancang Bangun Aplikasi Game Pengenalan,” vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021.

P. S. Febri Yatmiko, Eva Banowati, “Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus,” J. Prim. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 77–84, 2015.

S. W. Haryono, Ahmad Syaifudin, “Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Provinsi Jawa Tengah,” J. Penelit. Pendidik. Unnes, vol. 32, no. 2, p. 124205, 2015.

R. Y. Ardha, “Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Ringan Di Sekolah Dasar Inklusi,” JASSI_anakku, vol. 18, no. 2, pp. 46–50, 2017.

U. B. Utami, V. Purnamasari, and S. Supandi, “Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri 4 Sidodadi,” Malih Peddas (Majalah Ilm. Pendidik. Dasar), vol. 7, no. 1, pp. 52–62, 2017, doi: 10.26877/malihpeddas.v7i1.1767.

A. Umami, N. Kurniah, and Delrefi, “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak melalui Permainan Estafet,” J. ilmah Potensia, vol. 1, no. 1, pp. 15–20, 2016.

R. Dwi Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020, doi: 10.29407/pn.v5i2.14230.

E. Hartadiyati, R. E. Utami, and M. R. Rubowo, “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Card,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Sains, no. November, pp. 30–34, 2015.

O. N, “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan,” Nopan Omeri, vol. 9, no. manager pendidikan, pp. 464–468, 2015.

B. Zaman, “Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia,” AL GHAZALI , J. Kaji. Pendidik. Islam dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 16–31, 2019, [Online]. Available: https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101.

Sugiono, METODE PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, DAN R&D. Bandung : ALVABETA,Cv, 2017

S. Fransisca and R. N. Putri, “Pemanfaatan Teknologi Rfid Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D),” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 72–75, 2019.

Saeful, “VALIDASI BUKU PENILAIAN BERBASIS LITERASI SAINS ( BuPeNa BeRiSi ) UNTUK CALON GURU SEKOLAH DASAR Pendahuluan Pergeseran tujuan pendidikan Sekolah Dasar harus memperoleh yang dapat pengalaman belajar nasional merupakan akibat perubahan memil,” pp. 21–32, 2019.

P. Aprillianti and W. Wiratsiwi, “Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masayarakat, vol. 6, no. 1, pp. 80–88, 2021, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM.

R. M. Khoirudin, “PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MATERI ANIMALIA KELAS X-MIPA UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK,” 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles