KELAYAKAN GAME STUDY AND FUN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SD INKLUSI

Penulis

  • Aris Sri Yulian Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

validasi, pendidikan karakter, tunagrahita, game study and fun

Abstrak

Pendidikan karakter dipilih sebagai suatu upaya perwujudan pembentukan karakter peserta didik ataupun generasi bangsa yang berakhlak mulia. Demikian pula bagi siswa tunagrahita yang ada di SD Inklusi, mereka juga membutuhkan pendidikan karakter dengan pelayanan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game study and fun berbasis pendidikan karakter dan untuk mengetahui tingkat kelayakan terhadap pengembangan game tersebut. Pengembangan game study and fun berbasis pendidikan karakter ini menggunakan metode Reaserch and Development (R&D) yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli media dan ahli Pendidikan karakter. Hasil penilaian terhadap tingkat kelayakan dari ahli media sebesar 93,33% dan ahli Pendidikan karakter sebesar 89,44% dengan kriteria “valid”. Dari hasil penilaian tersebut, maka pengembangan game study and fun layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran tentang Pendidikan karakter.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

K. Maksum, “Implementasi Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Penerapan 5 S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SD Muhammadiyah Ambarbinangun Bantul,” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 9, no. 2, p. 90, 2019, doi: 10.21927/literasi.2018.9(2).90-97.

A. Dharmawan, A. Wahyuni, and A. Zellawati, “Model Pembelajaran Karakter Untuk SDLB C ( Tuna Grahita ) Berbasis Game Interaktif,” pp. 230–239, 2017.

D. Maryani, “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika,” vol. 12, no. 1, pp. 18–24, 2015.

D. Herdiyanto, S. Sulton, and H. Praherdhiono, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Tema Tanah bagi Siswa Tunagrahita,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 88–96, 2020, doi: 10.17977/um038v3i12019p088.

W. Wiratsiwi, “Pengembangan Perangkat Perkuliahan Pada Mata Kuliah Pendidikan Ips Sd Dengan Model Pembelajaran Kolaboratif Bagi Mahasiswa S1 Pgsd Unirow Tuban,”Pendidik. J. Fak. Kegur. dan Ilmu, no. 22, pp. 119–135, 2016,

L. Oktavia, “Efektivitas Model Pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (Icare) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi dan Kolaborasi Siswa di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu,” p. 6, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles